Senin 25 Apr 2022 14:52 WIB

KAI Daop 5 Bagikan Takjil Gratis bagi Pelanggan di Stasiun

Untuk di Stasiun Purwokerto, jumlah takjil yang disediakan sebanyak 100 paket.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas Stasiun Purwokerto membagi-bagikan takjil pada penumpang.
Foto: Dokumen
Petugas Stasiun Purwokerto membagi-bagikan takjil pada penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto mengadakan program pemberian takjil gratis bagi pelanggan kereta api jarak jauh yang sedang menunggu di stasiun. Takjil gratis dibagikan kepada pelanggan yang telah melakukan boarding pada pukul 17.00 WIB atau satu jam sebelum waktu berbuka puasa selama 10 hari terakhir Ramadhan atau 22 April hingga 1 Mei 2022.

Setiap pelanggan akan mendapatkan satu paket takjil yang berisikan berupa roti, air mineral, dan kurma yang dapat dimanfaatkan untuk berbuka puasa. Total sebanyak 34.400 paket disebar di 21 stasiun yang tersebar di Jawa dan Sumatra.

Adapun di wilayah Daop 5 yaitu Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo. Jumlah takjil gratis yang disediakan sebanyak 100 paket takjil untuk Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo sebanyak 70 paket takjil gratis.

“Program pemberian takjil gratis ini rutin kami laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA jarak jauh selama masa Angkutan Lebaran. Dengan adanya takjil gratis ini, pelanggan tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di Stasiun,” kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi, Senin (25/4/2022).

KAI berpesan kepada pelanggan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan segera memakai masker kembali setelah selesai makan dan minum. KAI konsisten menegakkan protokol kesehatan sesuai aturan dari pemerintah untuk menjadikan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

“Dengan adanya program Takjil Gratis diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa Angkutan Lebaran ini," ujar Ayep.

KAI Daop 5 Purwokerto mencatat pada keberangkatan H-8 Lebaran atau Ahad (24/4), sebanyak 78.334 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah pada masa mudik dengan okupansi mencapai 45,9 persen dari 172.688 tempat duduk yang disediakan. Dengan demikian maka ketersediaan tempat duduk sebanyak 93.354 atau 54.1 persen.

Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.“KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang Lebaran. Hal itu juga sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat mudik lebih awal dan menggunakan angkutan KA,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement