Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Rofingah

Semarak Pesantren Ramadan, MTsN 3 Bantul Sajikan Materi Keagamaan Menarik

Info Terkini | Monday, 25 Apr 2022, 11:50 WIB
Siswa kelas VII MTsN 3 Bantul antusias ikuti pesantren ramadan

Bantul (MTsN 3 Bantul) – MTsN 3 Bantul selenggarakan kegiatan Pesantren Ramadan Tahun 1443 H/2022 M. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari terhitung mulai Senin (25/04/2022) hingga Rabu (27/04/2022). Pesantren Ramadan dilaksanakan di ruang kelas, mushola, dan aula madrasah.

Berdasarkan Surat Edaran dari Kantor Wilayah Kemenag DIY bahwa kegiatan pesantren ramadan secara tatap muka diperbolehkan, namun belum bisa penuh maksudnya bersesi atau bertahap. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Sugeng Muhari, Kepala MTsN 3 Bantul pada saat rapat koordinasi di Aula, Sabtu (16/04/2022).

Kegiatan pesantren ramadan mulai pukul 07.00 – 11.30 WIB. Hari pertama hingga ketiga secara berturut-turut diikuti secara bergantian oleh siswa kelas 7, 8, dan 9. Pesantren ramadan diawali dengan salat dhuha dan murojaah, dilanjutkan materi pertama tentang fikih ibadah. Pemateri materi fikih ibadah merupakan pengasuh pondok di sekitar madrasah yaitu Gus Muchtar Zahro’u dan Gus Haqi. Kemudian materi kedua tentang semangat mencari ilmu dan materi ketiga tentang tujuan penciptaan manusia. Materi kedua dan ketiga disampaikan oleh guru rumpun keagamaan. Selain kegiatan di atas, pada hari ketiga diagendakan lomba antar siswa perwakilan kelas 7 dan 8. Khusus siswa kelas 9, mengikuti kegiatan pesantren ramadan dihari ketiga bersamaan dengan acara pengajian dan buka bersama.

Sugeng Muhari, Kepala MTsN 3 Bantul mengingatkan guru mendampingi siswa pada kegiatan pesantren ramadan. “Bapak/Ibu guru agar mendampingi siswa di mushola dan aula untuk salat dhuha serta dilanjutkan materi”, kata Sugeng.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image