Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Anda Persiapkan

Eduaksi | Tuesday, 26 Apr 2022, 09:40 WIB

Menanti kehadiran si jabang bayi tentu sangat menggembirakan. Namun jangan lupa juga harus menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Supaya bayi nyaman dan sehat.

Menyambut si jabang bayi yang akan lahir tentu sangat dinantikan oleh para calon ayah dan ibu. Segala hal patut dipersiapkan, mulai dari menabung untuk biaya persalinan, memilih rumah sakit persalinan, perlengkapan bayi dan juga nama bayi tersebut.

Tentunya bagi yang berlatarbelakangkan agama islam, mencari nama bayi juga membutuhkan banyak pertimbangan, nama bayi islam juga masing masing memiliki makna ataupun arti yang berbeda-beda. Nah bagi kamu yang ingin mencari nama bayi islam dan artinya, yuk coba kunjungin situs ini Shusui.my.id, disana lengkap nama bayi islam beserta arti dan maknanya.

Menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir bisa dimulai dari barang pokok seperti pakaian, popok, perlengkapan mandi dan obat-obatan. Namun ada banyak perlengkapan lain yang juga tidak kalah penting untuk disiapkan, sebelum masa kelahiran.

Dengan mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, calon ayah/ibu bisa mencicilnya. Pasalnya jika membelinya sekaligus tentu cukup merepotkan. Kalau begitu ini dia daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib anda persiapkan:

Pakaian

Pakaian bayi berupa baju dan celana bisa Anda perhatikan pertama kali. Apalagi jika sudah mengetahui jenis kelamin calon bayi. Jadi nggak bingung lagi, mau pilih pakaian wanita atau laki-laki.

Sebagai referensi, Anda bisa mencari pakaian seperti piyama, jumper, celana kain, kemeja kimono, baju panjang untuk antisipasi dingin dan baju kodok.

Memilih pakaian juga disarankan untuk yang memiliki kancing bagian depan, supaya mudah melepaskannya saat ingin ganti pakaian. Mengingat anak bayi pasti sering ganti baju maupun celana. Selain itu menjaga bayi supaya tidak beresiko, karena terlalu banyak gerak.

Popok

Popok bayi merupakan perlengkapan bayi kedua yang harus dipersiapkan. Pasalnya dalam sehari, popok bisa diganti 5-10 kali. Jadi Anda bisa membelinya dalam bal besar, selain lebih hemat, juga supaya tidak perlu bolak-balik ke toko untuk membelinya.

Popok bayi saat ini tersedia dalam bentuk diapers atau sekali pakai yang terbuat dari kemasan plastik dan gel pampers dari hidrogel sodium yang aman untuk bayi dan cepat menyerap urin. Sehingga bisa mencegah ruam pada pantat bayi.

Selain itu ada juga jenis popok kain yang bisa digunakan berulang kali. Terbuat bahan cotton yang lembut atau dari bahan katun, rami dan flanel.

Masing-masing popok punya keunggulan dan kekurangan. Popok sekali pakai lebih mudah karena bisa langsung dibuang, namun lebih boros biaya.

Bantal Anti Peyang

Bantal anti peyang saat ini tersedia, supaya tidak merubah struktur bentuk kepala bayi yang masih lembut. Bantal ini sifatnya sangat lembut dan tidak terlalu tinggi, jadi nyaman untuk si bayi. Bantal anti peyang punya bentuk cekung di tengah, jadi kepala bayi akan tetap bulat sempurna.

Bantal ini selain digunakan saat tidur, juga bisa dimanfaatkan saat menggendong bayi, bagi ibu yang masih belajar. Supaya kepala bayi tidak tertekan dan bayi bisa nyaman.

Bantal anti peyang banyak dijual di pasaran maupun toko online dengan harga berkisar Rp 100 ribuan saja.

Selimut Bedong

Selimut bedong biasa digunakan saat bayi pertama kali lahir. Hal ini karena menyesuaikan keadaan bayi yang seperti dibedong saat dalam kandungan. Jenis kain yang disarankan adalah kain yang lembut dan berbahan katun. Anda bisa menyiapkan 2 jenis selimut, untuk cuaca dingin dan panas.

Sarung Tangan dan Kaki

Sarung tangan dan kaki bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Sarung tangan juga bisa mencegah bayi supaya tidak terluka akibat mencakar bagian tubuhnya sendiri. Pastikan sarung tangan dan kaki berpori dan berbahan lembut supaya si bayi tetap nyaman.

Tempat Tidur Bayi

Ranjang bayi atau tempat tidur bayi juga nggak kalah penting, karena baik bayi maupun orang tuanya bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu ranjang bayi yang biasanya bertempat khusus bisa mencegah bayi terjatuh, karena umumnya ranjang bayi atau baby crib punya pembatas samping.

Ada banyak keunggulan lain dari baby crib, seperti bayi mudah bergerak, membuat bayi terhindar dari nyamuk dengan kelambu bawaan baby crib. Disarankan untuk memilih kasur baby crib yang tidak terlalu empuk, supaya bayi tidak mudah blesek.

Ranjang bayi tersedia dalam berbagai bentuk, merk dan ukuran. Umumnya tersedia dalam ukuran 120 cm x 70 cm atau yang lebih kecil yaitu 90 x 60 cm.

Peralatan Mandi

Mandi adalah aktivitas rutin yang akan dijalani oleh bayi. Mandi selain membersihkan tubuh, juga menyehatkan. Namun jenis perlengkapan mandi bayi dan orang dewasa harus dibedakan yaa.

Peralatan mandi khusus bayi adalah perlengkapan yang wajib ada, pasalnya bayi yang baru lahir punya kulit yang sensitif, sehingga butuh jenis sabun, sampo yang khusus bayi. Selain itu busa yang dihasilkan juga tidak membuat perih di mata. Jangan lupa untuk menyiapkan handuk lembut yang mudah menyerap air.

Setelah mandi, bayi juga butuh bedak, perlak, baby oil dan minyak telon untuk menghangatkan badan bayi.

Obat-obatan Ringan

Bayi yang baru lahir biasanya sering mengalami masalah kulit seperti muncul ruam pada bagian pantat, leher dan hidung. Sehingga Anda bisa menyiapkan jenis salep krim untuk meringankan gejala ruam, yang disebabkan bakteri atau jamur.

Obat-obatan umum lainnya adalah obat demam dan batuk pilek. Jenis obat yang direkomendasikan adalah paracetamol, cairan salin dan menggunakan pelembab ruangan. Beberapa bahan di atas cukup ampuh untuk meringankan gejala bapil pada anak bayi, dengan dosis yang tepat.

Peralatan Menyusui

ASI adalah kebutuhan pokok bagi bayi yang baru lahir. Meski begitu, beberapa orang mengalami ASi tidak lancar sehingga bisa digantikan dengan susu formula. Baik ASI dan susu formula bisa diberikan menggunakan botol dot.

Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan kain sendawa untuk antisipasi bayi yang gumoh, atau alas saat sedang menyusui supaya tidak mengotori baju.

Nah bagi ibu-ibu yang juga punya aktivitas seperti bekerja dan tidak bisa menemani keseharian si bayi, solusinya adalah dengan menggunakan botol penyimpanan asi dan pompa ASI. Sedangkan alat pembersihnya, bisa menggunakan sikat dan cairan pembersih khusus, supaya lebih steril.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image