Rabu 27 Apr 2022 15:34 WIB

Pemudik Bisa Beli Oleh-Oleh Khas Indramayu di Posko Mudik

Para pemudik bisa membeli oleh-oleh khas Indramayu di Posko Mudik.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menata produk miliknya di Posko Gerai UMKM di Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (25/4/2022). Pemerintah Daerah Indramayu menyiapkan enam Posko Gerai UMKM di jalur mudik sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian di masa Pandemi.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menata produk miliknya di Posko Gerai UMKM di Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (25/4/2022). Pemerintah Daerah Indramayu menyiapkan enam Posko Gerai UMKM di jalur mudik sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian di masa Pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Jalur pantura Kabupaten Indramayu selama ini menjadi titik lelah bagi para pemudik dari arah Jakarta. Untuk itu, Pemkab Indramayu menyediakan Posko Mudik Bermartabat, yang siap memanjakan pemudik yang ingin beristirahat untuk melepas lelah.

Ada delapan titik Posko Mudik Bermartabat. Yakni, lima titik untuk arus mudik dan tiga titik untuk arus balik. Salah satu titik lokasi posko mudik untuk arus mudik itu terletak di Jembatan Timbang Losarang, di Jalan Raya Losarang, Desa Muntur, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Baca Juga

Di lokasi tersebut, Pemkab Indramayu menyediakan tempat istirahat dengan beragam fasilitas untuk memanjakan para pemudik. Berdasarkan pantauan, Rabu (27/4), beragam fasilitas yang disiapkan di posko Jembatan Timbang Losarang itu berupa tempat istirahat berpendingin udara, tempat pemeriksaan kesehatan, tempat bermain anak, tempat kumpul-kumpul keluarga dan kursi pijat.

Selain itu, disediakan pula fasilitas toilet yang memadai, tempat hiburan, perpustakaan maupun posko Satgas perbaikan jalan. Semua fasilitas yang ada di posko mudik tersebut bisa dinikmati oleh pemudik secara gratis.

Tak hanya itu, fasilitas lain yang menjadi unggulan di posko mudik itu adalah stand-stand yang menampilkan berbagai produk UMKM khas Indramayu, terutama makanan dan minuman. Para pemudik bisa membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu, Jahirin, menjelaskan, produk UMKM yang ditampilkan adalah makanan dan minuman khas Indramayu. Di antaranya, kerupuk, berbagai olahan mangga dan masih banyak lainnya.

Produk yang kami tampilkan semuanya sudah mengantongi sertifikat PIRT," terang Jahirin.

Selain di Jembatan Timbang Losarang, stand UMKM itu juga tersedia di titik Posko Mudik Bermartabat lainnya. Untuk arus mudik, titik posko mudik itu tersedia di RM Anugerah Desa Sumuradem Timur Kecamatan Sukra, Jembatan Timbang Losarang, RM Suka Langut Kecamatan Lohbener, RM Cimanuk Kecamatan Widasari dan rest area KM 130A Tol Cipali.

Sedangkan titik posko mudik untuk arus balik, tersedia di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur, di wilayah jalur Kecamatan Widasari dan rest area KM 130B Tol Cipali.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, menilai, delapan Posko Mudik Bermartabat itu diyakini akan memberi kesan tersendiri bagi para pemudik. Selain bisa menikmati beragam fasilitas untuk melepas lelah, pemudik juga bisa memperoleh produk UMKM khas Indramayu.

Selain bisa beristirahat dan membeli produk UMKM khas Indramayu, pemudik juga akan dihibur dengan penampilan kesenian Indramayu," ujar Dadang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement