Sedekah adalah Bukti Syukur pada Allah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 29 Apr 2022 07:19 WIB

Sedekah Bukti Syukur Pada Allah. Foto: Sedekah/Ilustrasi Sedekah Bukti Syukur Pada Allah. Foto: Sedekah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berderma dan bersedekah merupakan amal shalih yang banyak pahalanya. Dan lebih besar lagi pahalanya tentunya, ketika dilaksanakan di bulan suci Ramadhan.

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia yang juga Dosen FDI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, KH. Dr. Ahmad Kusyairi Suhail mengatakan berderma di bulan Ramadhan memiliki keutamaan khusus. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan" (HR Tirmidzi, no. 665).

Baca Juga

Berderma dipraktikan Nabi Muhammad SAW selama bulan suci Ramadhan, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas

كَانَ النَّبِيّ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ

"Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan dalam berbagai macam kebaikan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh malaikat Jibril"_ (HR Bukhari no. 1902).

"Berderma merupakan bukti menyukuri nikmat Allah, dan pasti berdampak positi bagi keberkahan hartanya dan kesucian jiwa pelakunya," kata ustaz Kusyairi dalam pesan singkatnya kepada Republika,co.id beberapa hari lalu.

Sebagaimana firman Allah SWT:

*لئم شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عذابي لشديد*

"Jika kamu benar-benar bersyukur, pasti aku akan menambahkan kepadamu (nikmat). Dan jika kalian benar-benar ingkar terhadap (nikmat-Ku) sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (Alquran surat Ibrahim: 7).

Maka menurut ustaz Kusyairi harta orang dermawan akan terus tumbuh berkembang disertai keberkahan, tidak akan pernah berkurang. Sbagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

*ما نقصت صدقة من مال*

"Tidaklah sedekah/derma itu mengurangi harta sedikit pun" (HR Muslim).

Pada sisi lain, menurut ustaz Kusyairi berderma, bersedekah, beezakat, itu mensucikan harta, mensucikan pelakunya dan penerimanya, sehingga menjadi penyejuk jiwa dan pembawa berkah.

Allah swt berfirman:

*خذ من أموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم به وصل عليهم إن صلاتك سكن لهم*

"Ambillah zakat dari sebagaian harta merek, dengan zakat (dan harta yang didermakan) itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka" (Alquran  At Taubah: 103).

"Jadi berzakat dan berderma itu dapat mendatangkan ketenangan, ketenteraman jiwa dan kebahagiaan manusia, baik pemberi derma maupun mustahik (penerima derma)nya sehingga menghadirkan kedamaian dan stabilitas kehidupan sosial. Dan Ramadhan, Allah SWT hadiahkan kepada kita agar kita mampu menghadirkan ketakwaan individual dan ketakwaan sosial, di antaranya kita sempurnakan puasa kita dengan semangat berderma," katanya.