Merayakan Ramadhan dengan Bubur Ikan Tenggiri Singapura Khas Nenek

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 30 Apr 2022 16:05 WIB

Bubur lambuk ikan tenggiri, makanan khas Ramadhan di Singapura. Hidangan ini merupakan makanan komunitas orang laut di Pulau Semakau. Foto: CNA/Marcus Mark Ramos Bubur lambuk ikan tenggiri, makanan khas Ramadhan di Singapura. Hidangan ini merupakan makanan komunitas orang laut di Pulau Semakau.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Di Singapura, masjid umumnya mendistribusikan bubur, khususnya bubur lambuk. Bubur lambuk adalah bubur beras berbumbu yang biasanya berisi daging sapi atau kambing. 

Bubur ini menjadi makanan favorit berbuka puasa atau sahur karena diyakini memberikan asupan nutrisi harian yang cukup untuk tubuh ketika berpuasa. Orang Laut SG merupakan sebuah bisnis rumahan yang didedikasikan untuk mempromosikan makanan komunitas orang laut di Pulau Semakau. Tahun ini, mereka berpartisipasi dalam pembagian bubur ini dengan sedikit modifikasi. 

Baca Juga

Awal bulan ini, seminggu memasuki bulan Ramadhan, mereka membuat dan mendistribusikan dari rumah mereka di Jurong West versi masyarakat laut dari hidangan ikonik mereka: Bubur lambuk ikan tenggiri.

Ini adalah kali kedua Orang Laut SG membagikan bubur mereka secara cuma-cuma, sebagai upaya mensyukuri berkah yang telah diterima oleh usaha kecil mereka. “Pada saat yang sama, itu adalah cara bagi keluarga untuk menjangkau mereka yang tahu sedikit atau ingin tahu lebih banyak tentang budaya maritim kami di Pulau Semakau,kata pendiri restoran tersebut Firdaus Sani, yang merupakan keturunan orang laut generasi keempat. 

Menurut Firdaus, hewan ternak sangat langka di masyarakat sehingga ikan seperti ikan tenggiri musiman menjadi makanan pokok. Ia menambahkan, keluarganya menggunakan metode penangkapan ikan tradisional yang disebut menjaring (gillnetting) untuk menangkap ikan tenggiri. 

 

Jaring insang memudahkan untuk menangkap lebih banyak makarel karena mereka biasanya berenang di kawanan besar. “Resep ini sebenarnya merupakan solusi untuk ketahanan pangan di pulau ini,” jelas Firdaus dilansir dari CNA Lifestyle, Kamis (28/4/2022).

Karena mereka tidak memiliki lemari es, setelah memancing dan menjual apa yang mereka bisa, sisa ikan akan dibuang tulangnya dan digiling menjadi pasta untuk menghindari sisa makanan. Selain pasta ikan, bahan-bahan sederhana seperti lada hitam, serai, bawang putih, dan bawang bombay ditambahkan ke dalam bubur untuk menambah rasa.

Resep bubur lambuk ikan tenggiri merupakan warisan keluarga yang turun-temurun kepada ibu dan bibi Firdaus, Nooraini Rani dan Rohaini Rani. “Hidangan ini membawa saya kembali ke pulau ketika ibu saya akan memasak hidangan ini selama Ramadhan, sementara kami duduk di sekelilingnya, menunggu untuk disajikan,” kenang Rohaini. 

“Dia akan menggunakan lesung dan alu untuk menggiling bahan dan ketika ada lebih banyak ikan, kami harus meminjam lesung dan alu tetangga kami. Hari ini, kami hanya menggunakan blender,” katanya.

Serai mudah didapat di pulau itu karena mereka memiliki tetangga yang menanam serai di lahan mereka. Untuk bahan-bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah, keluarga harus membelinya dari salah satu dari tiga toko perbekalan di pulau itu, yang mendapat pasokan dari daratan Singapura.

 

“Saat ini, kami dapat dengan mudah membeli bahan-bahan kami dari pasar. Tapi untuk ikan tenggiri yang paling segar, kami harus mengunjungi beberapa pasar,” ujarnya. 

Ikan apa saja dapat digunakan untuk hidangan ini, tetapi ikan tenggiri lebih disukai karena lebih gemuk daripada ikan lain dan memiliki duri yang lebih sedikit. Ketika CNA Lifestyle bertanya kepada keluarga tersebut mengapa mereka memutuskan memasak untuk komunitas selama dua tahun berturut-turut, kedua saudari tersebut mengatakan mereka diajari oleh almarhum ayah mereka bahwa seseorang tidak perlu menjadi kaya untuk dapat memberi.

“Kami menghadapi banyak kesulitan tumbuh di Pulau Semakau, tetapi kami selalu berbagi makanan dan sumber daya kami. Kami ingin melanjutkan semangat berbagi dan memberi seperti yang kami lakukan di pulau ini, terutama selama Ramadhan,” kata Nooraini.

“Di Pulau Semakau, kami bisa jalan kaki dari rumah ke rumah untuk berbagi bubur. Hari ini, orang-orang tanpa memandang ras dan agama melakukan perjalanan jauh ke rumah kami untuk mencicipi masakan kami dan belajar lebih banyak tentang budaya kami. Itu benar-benar menghangatkan hati saya,” lanjutnya.

Untuk memastikan partisipasi yang layak, Firdaus telah melakukan pengumuman di media sosial Orang Laut SG. Dia tidak hanya menyambut sesama anggota komunitas orang laut, tetapi juga keluarga yang membutuhkan dan mereka yang tertarik dengan budaya mereka, untuk datang ke rumah mereka dan mencicipi beberapa bubur.

“Saya awalnya cukup gugup karena siapa yang akan melakukan perjalanan jauh ke Jurong West pada Sabtu hanya untuk menerima semangkuk bubur? Tapi seperti yang ibu saya katakan, kami kewalahan dengan jumlah peserta yang luar biasa, yang sangat membesarkan hati,” katanya.

Distribusi ini juga terbukti menjadi kesempatan bagi teman-teman lama dari pulau-pulau untuk berhubungan kembali. “Ketika kami bermukim di Singapura, saya kehilangan kontak dengan beberapa anggota komunitas orang laut. Kami tidak tahu di mana beberapa dari mereka saat ini. Melalui pembagian ini, saya dapat bertemu beberapa dari mereka, tidak hanya dari Pulau Semakau tetapi dari pulau-pulau tetangga seperti Pulau Sudong, Pulau Seking dan Pulau Salu juga,” jelas Rohaini.

Asnida Daud, yang kakek dan neneknya berasal dari Pulau Sudong, mengatakan dia sangat menantikan pembagian ini karena rasanya seperti reuni keluarga. “Itu adalah kesempatan yang sangat membahagiakan bagi saya. Tidak hanya saya berhasil mendapatkan bubur lambuk ikan tenggiri yang merupakan hidangan yang sangat istimewa bagi saya, saya juga bertemu dengan koki berbakat dan sesama anggota komunitas bahari,” katanya gembira.

Di akhir acara, Firdaus dan keluarganya terlihat kelelahan, namun mereka yakin akan terus menyelenggarakan inisiatif ini setiap tahun. “Kegiatan ini tidak hanya mendekatkan kita sebagai keluarga dan komunitas, saya pikir ini adalah cara yang signifikan untuk menandai Ramadhan dengan resep nenek buyut saya,” katanya.

https://cnalifestyle.channelnewsasia.com/dining/orang-laut-singapore-ramadan-bubur-lambuk-ikan-tenggiri-310171