Jumat 29 Apr 2022 13:23 WIB

Pemeliharaan Masjidil Haram Dilakukan di Bawah Pengawasan 800 Ahli

Pemeliharaan Masjidil Haram demi melayani jamaah dengan kualitas tinggi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Petugas membersihkan karpet Masjidil Haram. Pemeliharaan Masjidil Haram Dilakukan di Bawah Pengawasan 800 Ahli
Foto: spa
Petugas membersihkan karpet Masjidil Haram. Pemeliharaan Masjidil Haram Dilakukan di Bawah Pengawasan 800 Ahli

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Masjidil Haram mendapatkan perhatian besar, perawatan yang konstan, dan kerja terus menerus sepanjang waktu. Upaya-upaya yang luar biasa itu dilakukan dibarengi dengan kualitas layanan tinggi yang diberikan oleh Presidensi Jenderal Urusan Dua Masjid Suci kepada jamaah umroh dan peziarahnya. 

Upaya tersebut mencerminkan kepentingan kepemimpinan yang arif, di mana Badan Kepresidenan untuk urusan teknis, operasional dan pemeliharaan serta administrasi fasilitas bekerja untuk menindaklanjuti pengoperasian dan pemeliharaan sistem elektronik, listrik dan mekanik di Masjidil Haram.

Baca Juga

 

Tim teknis, operasional dan pemeliharaan dan administrasi fasilitas dipimpin oleh insinyur Sultan Al Qurashi, bekerja sepanjang waktu yang didukung oleh tenaga teknis dan administrasi untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan dengan kualitas tinggi dan kinerja yang sempurna.

 

Administrasi umum untuk operasi dan pemeliharaan berupaya untuk mencakup semua pekerjaan pemeliharaan di Masjidil Haram melalui pengaturan rencana dan studi dan pelaksanaan pekerjaan di lapangan, mencapai tingkat keunggulan dan akurasi tertinggi berkat didukung oleh personel manusia dengan tingkat profesionalisme tinggi.

 

Mereka terdiri dari 205 insinyur, 450 teknisi, dan 200 pekerja yang memeriksa 8.000 speaker, 120 ribu unit penerangan, 4.000 panel listrik, 20 generator listrik, dan 6.350 kipas. Tugas lainnya antara lain mengawasi 202 lift, 16 eskalator, 1.000 kotak pemadam kebakaran, pengecekan tempat penampungan air berkapasitas 1.500 meter kubik, 5.000 kamar mandi, 4.000 alat pendingin dan alat sterilisasi dan pendingin air Zamzam. 

 

Administrasi umum untuk operasi dan pemeliharaan melaksanakan pekerjaan pemeliharaan untuk pembangkit listrik, inverter, panel kontrol, panel beban, unit penerangan dan sistem lain sepanjang waktu di bawah pengawasan tim kerja lapangan khusus.

 

Administrasi pekerjaan sipil di administrasi umum menikmati peran pemantauan pada pembangunan Masjidil Haram, halaman dan lingkungan lainnya, di samping fasilitas eksternal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement