Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maman Soleman

Ketahui 4 Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | Friday, 29 Apr 2022, 21:23 WIB

Terlalu lama bekerja memang membuat jenuh dan stres. Terkadang jika tekanan di tempat kerja terlalu tinggi dan load kerjaan sedang banyak, burnout syndrome bisa saja terjadi. Alhasil Anda menjadi orang yang kurang produktif, tidak bersemangat, dan tentu saja tidak sehat untuk lingkungan sekitar.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, diperlukan istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Anda bisa mengambil cuti dan pergi berlibur untuk merelaksasi pikiran. Misalnya pergi ke sebuah objek wisata yang sedang hits atau menonton pertunjukan tarian yang ada di Indonesia pada sebuah teater.

Selain untuk merelaksasi pikiran, liburan juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. Ingin tahu apa saja? Simak ulasan berikut.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mungkin Anda kaget, apa hubungannya penyakit jantung dengan liburan? Ternyata stres berlebih akan mempengaruhi kesehatan jantung. Stres ini dapat meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah, sehingga dapat menyebabkan aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Nah, jika stres dapat dikelola dengan baik, risiko penyakit jantung pun akan menurun. Jangan lupa juga, lengkapi dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang tepat selama liburan.

Meredakan rasa cemas

Pasti Anda sering melihat akhir-akhir ini di media sosial tentang banyaknya orang-orang yang terkena gangguan kecemasan, kan? Cemas merupakan sebuah emosi yang perlu ada di tiap individu. Namun jika berlebihan apalagi sampai mengganggu, tentu tidak boleh dibiarkan. Maka, liburan menjadi salah satu solusi jika mulai merasakan adanya bibit kecemasan. Sebelum tumbuh menjadi sebuah gangguan, saatnya pesan tiket untuk liburan dan relaksasi pikiran tanpa kecemasan yang berlebihan.

Meningkatkan fungsi otak

Bekerja terlalu banyak tentu menuntut otak untuk terus berpikir. Hal ini jika dilakukan terlalu berlebihan, justru akan mengganggu fungsi otak dan menyebabkan gangguan memori. Akibatnya, memori berkurang dan sulit berkonsentrasi terhadap suatu hal. Setelah pergi berlibur, niscaya otak akan kembali segar dan bisa berfungsi dengan baik. Hal itu dikarenakan saat berlibur, otak diminta untuk tenang dan relaks tanpa memikirkan sesuatu yang berat. Nantinya Anda pun bisa lebih produktif dan fokus terhadap pekerjaan yang sudah menanti.

Memperkuat imunitas

Stres yang tinggi ternyata dapat membuat tubuh melepaskan hormon yang dapat melemahkan sistem imun. Jika sistem imun lemah, Anda pun akan lebih mudah terserang penyakit. Maka saat pergi berlibur dapat membawa rasa bahagia dan puas sehingga dapat memperkuat sistem imun tubuh. Saat liburan, Anda bisa melakukan aktivitas seru yang bisa membawa perasaan bahagia. Misalnya menaiki wahana di taman bermain seperti Ancol, wisata kuliner masakan khas di Yogyakarta, hingga sesederhana berbelanja batik Trusmi untuk diri sendiri pun bisa meningkatkan rasa bahagia.

Jadi, liburan ke mana kali ini?

Sumber : Serambi Bisnis

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image