Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Resep Bistik Daging Sapi Sederhana dan Enak

Kuliner | Friday, 29 Apr 2022, 13:24 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Lukas

Memasak memang tidak dituliskan secara kodrati sebagai suatu hal yang harus dikuasai oleh wanita. Tapi, sebagai seorang yang nantinya akan menjadi istri atau malah sudah menjadi istri, melayani suami dalam berbagai hal adalah kewajiban, termasuk menyajikan makanan.

Memasak pun akhirnya seolah menjadi kewajiban. Resep-resep yang sebelumnya asing harus mulai diakrabi. Salah satu yang mungkin menarik minat Anda adalah resep bistik daging sapi.

Bistik Sapi, Salah Satu Resep Olahan Daging Sapi Favorit

Daging sapi memang bisa dibuat dalam berbagai masakan. Dari ujung barat Indonesia sampai timur, daging sapi hampir selalu bercokol di posisi pertama sebagai bahan masakan. Aneka resep olahan daging sapi menjamur. Mulai dari yang resepnya sederhana hingga rumit. Mulai dari yang rasanya pedas hingga biasa saja. Semuanya enak dan khas.

Wajar rasanya jika daging sapi menjadi salah satu lauk primadona selain daging ayam dan ikan. Berbagai kandungan gizi yang dimiliki daging sapi adalah alasan yang paling manusiawi. Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi bagus untuk proses metabolisme tubuh, tentu saja asal tidak berlebihan.

Protein yang terdapat di dalam daging sapi mamang terbilang penting bagi tubuh, tapi jika asupannya berlebihan juga tidak terlalu baik. Sesekali, selingi menu makanan anda dengan protein nabati seperti tahu, tempe dan ikan.

Indonesia memiliki ragam olahan daging sapi yang segudang. Ada masakan yang benar-benar asli lahir dari kebudayaan Indonesia dan ada juga yang “kiriman” dari budaya lain. Olahan daging yang paling populer sepertinya jatuh pada masakan Rendang.

Makanan khas Sumatera Barat yang berbahan dasar utama daging sapi ini bahkan menjadi makanan terenak di dunia menurut survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga.

Citarasa penuh rempah yang dimiliki rendang juga dirasakan istimewa oleh lidah-lidah orang bule. Di Indonesia, rendang sudah lama menjadi salah satu menu favorit. Bukan hanya masyarakat Padang, tapi masyarakat seluruh Indonesia. Anda bisa dengan leluasa menemukan rendang di rumah makan-rumah makan Padang yang ada di seluruh Indonesia.

Resep Bistik Daging Sapi Mudah

Lalu, bagaimana membuat bistik daging sapi? Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat olahan daging sapi yang satu ini?. Berikut ini adalah salah satu resep bistik sapi yang bisa anda coba.

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 500 gram daging sapi

- Tiga buah kentang, kupas dan kukus setengah matang

- 5 siung bawang putih

- 10 butir merica (bisa menggunakan merica bubuk)

- ½ bubuk pala

- 2 sdm tepung terigu (larutkan dengan air sebagai bahan campuran)

- 100 ml air

- Gula pasir, garam dan penyedap rasa secukupnya

- Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

- Cuci bersih daging sapi yang Anda beli, kemudian iris melintang sesuai serat agar daging cepat empuk. Besarnya potongan daging tergantung selera, tapi jangan terlalu besar, karena daging akan lama empuk.

- Pukul-pukul daging tersebut sambil dibolak-balik.

- Haluskan bawang putih, merica dan campurkan bubuk pala, garam, gula dan juga penyedap rasa.

- Guling-gulingkan irisan daging ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan. Biarkan beberapa saat agar bumbunya meresap.

- Panaskan minyak dan kemudian masukkan daging yang sebelumnya sudah dilumuri dengan bumbu.

- Masukkan air dan tepung terigu yang sudah lebih dulu diencerkan.

- Masukkan potongan kentang.

- Tutup dan tunggu hingga daging benar-benar empuk.

Semoga ulasan resep bistik di atas bisa bermanfaat referensi untuk anda dalam mempertajam skill memasak anda. Terima kasih telah membaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image