Ahad 01 May 2022 13:10 WIB

DMC Dompet Dhuafa Bersama Seahum Gulirkan Kebaikan Bagi Kelompok Rentan

Tak kurang dari 200 penerima manfaat dari Kampung Cham yang mendapatkan bantuan.

DMC Dompet Dhuafa, bersama Southeast Asia Humanitarian Committee (Seahum) menyalurkan sejumlah bantuan bagi kawan-kawan kelompok rentan di Asia Tenggara.
Foto: Foto: Dompet Dhuafa
DMC Dompet Dhuafa, bersama Southeast Asia Humanitarian Committee (Seahum) menyalurkan sejumlah bantuan bagi kawan-kawan kelompok rentan di Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID, KAMBOJA -- Islam adalah sebuah identitas yang menyatukan Asia Tenggara. Di dunia Islam, Muslim dari negara-negara Asia Tenggara dikenal sebagai Ashabul Jawi atau orang-orang dari Jawi. Hal inilah yang mendasari kegiatan Ramadan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa di beberapa negara Asia Tenggara, seperti di Kamboja, Malaysia, dan Timor Leste. 

Di Ramadan kali ini, DMC Dompet Dhuafa, bersama Southeast Asia Humanitarian Committee (Seahum) menyalurkan sejumlah bantuan bagi kawan-kawan kelompok rentan di Asia Tenggara. Salah satunya di Ma'had Muhammadi Beng Broul (MMB) dan Panti Asuhan Diniyah, Desa Tbhaung Khmoum, Kamphong Cham, Provinsi Kamboja (30/04/2022).

Bantuan yang diberikan berupa Eid Gift for Teachers (Kado Lebaran untuk Guru/Ustadz), Eid Gift for Orphans (Kado Lebaran Yatim), Food Parcel for Eldery and Widow (Kado Lebaran untuk Lansia dan Janda) dan paket untuk berbuka puasa bersama. 

Tak kurang dari 200 penerima manfaat dari Kampung Cham yang mendapatkan bantuan sebagaimana yang disampaikan Umar Abdullah, Project Coordinator SEAHUM untuk Kamboja. “Insya Allah 200 beneficiaries benefit in this program (Insya Allah 200 penerima manfaat mendapatkan manfaat dari program ini),” ujarnya.

On behalf of the villagers and people of Champa, we would say, ‘jazakumullah khairan katsira’. May Allah bless us in this Mubarak month (Atas nama penduduk desa dan masyarakat Champa, kami akan mengucapkan, 'jazakumullah khairan katsiran'. Semoga Allah merahmati kita di bulan Mubarak ini),” tambahnya.

Dompet Dhuafa menyadari kebutuhan kelompok rentan juga perlu dipenuhi bagi mereka yang tinggal di mancanegara. Mulai dari lansia, anak yatim-piatu, hingga relawan sosial yang terus berjuang untuk misi kemanusiaan di luar Indonesia.

“Kampung Cham merupakan kampung muslim di Kamboja. Di dalamnya terekam bahwa ulama-ulama kita dahulu sangat gigih menyebarkan Islam ke seluruh Asia Tenggara hingga ke Champa. Kini kita yang melanjutkan perjuangan para ulama Asia Tenggara untuk menyambung ukhuwah dan merawat umat di negeri muslim minoritas seperti di sini,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Ahad (1/5/2022).

“Kami sangat berterima kasih pada para donatur Dompet Dhuafa. Semoga melalui bantuan ini jadi manfaat dan menguatkan identitas saudara-saudara kita di Kamboja,” ujar Haryo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement