Ahad 01 May 2022 13:44 WIB

Satgas COVID-19: Setiap Rumah Harus Sediakan Sarana Cuci Tangan

Selain mencuci tangan, para tamu wajib menggunakan masker untuk cegah penularan.

Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan warga di daerah itu menyediakan sarana mencuci tangan di rumah masing-masing.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan warga di daerah itu menyediakan sarana mencuci tangan di rumah masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan warga di daerah itu menyediakan sarana mencuci tangan di rumah masing-masing. Ini bertujuan untuk mendukung perayaan Lebaran 2022 yang sehat dan aman dari penularan COVID-19.

"Saya ingatkan agar setiap rumah harus menyediakan sarana cuci tangan dan sabun yang diperuntukkan bagi tamu yang berkunjung saat Lebaran," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Ahad (1/5/2022).

Baca Juga

Semua tamu, kata dia, selain diharuskan mencuci tangan dengan sabun yang sudah disediakan, juga harus memakai masker. Ia menjelaskan sikap disiplin penerapan prokes sebagai langkah antisipasi awal penyebaran virus corona meskipun angka kasusnya menurun di daerah setempat pada saat ini.

Ia mengatakan panitia pelaksana Shalat Id di semua masjid juga harus mewajibkan jamaah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengukur suhu tubuh sebelum masuk masjid. Bagi warga yang diketahui mengalami gangguan kesehatan, seperti demam dan gangguan kesehatan lain, Boy Yandra menyarankan tidak pergi ke masjid atau bertamu ke rumah tetangga saat Lebaran.

"Masyarakat tidak boleh lengah meskipun sebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka terus melandai. Terdata sampai hari ini tersisa tiga orang dinyatakan positif COVID-19 yang menjalani perawatan kesehatan," ucapnya.

Tercatat dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, enam kecamatan dinyatakan nihil kasus varian corona serta dua wilayah kecamatan diketahui masih terdapat kasus COVID-19 yakni di Kecamatan Sungailiat terdapat dua kasus dan Belinyu satu kasus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement