Jamaah Masjid Istiqlal Asik Berswafoto Ria Usai Shalat Id

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

Senin 02 May 2022 11:07 WIB

Suasana jamaah shalat Idul Fitri 1443 H/2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Senin (2/5/2022). Jamaah Masjid Istiqlal Asik Berswafoto Ria Usai Shalat Id Foto: Republika/Rizky Suryarandika Suasana jamaah shalat Idul Fitri 1443 H/2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Senin (2/5/2022). Jamaah Masjid Istiqlal Asik Berswafoto Ria Usai Shalat Id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senyum dan tawa menghiasi wajah jamaah Masjid Istiqlal saat berswafoto setelah merampungkan sholat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) pagi. Mereka berbahagia karena kembali bisa sholat Idul Fitri di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut. 

Dalam pantauan Republika.co.id, jamaah Istiqlal memadati halaman bagian dalam dan luar Masjid seusai sholat Id. Mereka berswafoto dengan latar belakang Istiqlal atau Monas. Mereka menampilkan gaya andalan masing-masing. 

Baca Juga

Salah satu jamaah, Kiki Nurjanah, merasa penasaran dengan sensasi sholat Idul Fitri di Istiqlal. Apalagi ini kali pertama Istiqlal menyelenggarakan sholat Idul Fitri setelah dua tahun sebelumnya urung dilakukan di masa pandemi Covid-19. Alhasil, perempuan asal Bogor itu berangkat kesana bersama keluarganya. 

"Tadi berangkat habis subuh naik kereta. Ternyata keburu sih tapi lumayan padat pas masuk ke dalam, untung masih kebagian sholat di dalam," kata Kiki kepada Republika.co.id usai berswafoto.

Jamaah lainnya, Endang, mengatakan tujuannya sholat di Istiqlal karena mencari suasana Lebaran yang ramai. Menurutnya, merayakan Idul Fitri dengan sholat Id di Istiqlal menjadi kesenangan tersendiri. 

"Seru sholat di Istiqlal karena ramai dan megah tempatnya. Saya sekalian ajak keluarga kesini," ucap Endang sembari menyudahi sesi swafoto bersama keluarganya. 

Endang berharap sholat Idul Fitri bisa terus diadakan lagi di Masjid Istiqlal. Sebab Istiqlal tak hanya menjadi tempat sholat, melainkan wisata religi. 

"Saya pikir jamaah kesini (Istiqlal) dari mana-mana ya, mungkin ada dari jauh juga. Jadi bagusnya tahun depan dan berikutnya terus diadakan lagi ya supaya jamaah yang datang dari jauh tidak kecewa," ucap Endang.