Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jihan M

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Turunkan Gula Darah!

Gaya Hidup | Tuesday, 03 May 2022, 07:49 WIB

Sejak dahulu, daun kelor telah sebagai tanaman tradisional obat oleh masyarakat. Salah satunya adalah manfaat daun kelor untuk diabetes. Hal ini pun membuat daun kelor lebih banyak dibudidayakan.

Sebab itulah, untuk mengetahui apakah daun kelor bisa menurunkan diabetes kamu bisa melihat bagaimana manfaatnya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor cukup terkenal akan kandungan nutrisinya yang kaya dengan vitamin, mineral, serta beberapa jenis asam amino esensial, vitamin C, riboflavin (B12), zat besi, vitamin B6, magnesium, dan vitamin A.

Disamping itu, dari penelitian telah disebutkan kalau daun kelor ini mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak ketimbang jeruk, kalsium 17 kali lebih banyak dari susu, vitamin A 10 lebih banyak dari wortel, potassium 15 kali lebih banyak dari pisang, zat besi 25 kali lebih banyak dari bayam, dan protein 9 kali lebih banyak dari susu.

Oleh sebab itu, kandungan nutrisi ini juga dapat mengatasi masalah gizi seseorang. Namun apa manfaat daun kelor untuk diabetes memang benar terbukti? Cari tahu penjelasannya setelah ini ya.

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Tentu saja dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh daun kelor membuatnya menyimpan segudang manfaat, termasuk manfaat daun kelor untuk diabetes.

Diabetes ini berawal dari tingginya kadar gula dari dalam darah. Namun seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi ini tidak hanya meningkatkan risiko diabetes saja melainkan masalah kesehatan lainnya termasuk juga penyakit jantung.

Sebab itulah, sangat penting bagi kamu untuk menjaga kadar gula dalam darah agar selalu dalam rentang normal.

Dari beberapa penelitian, memang telah menunjukkan manfaat the daun kelor untuk membantu menurunkan gula darah. Tetapi sebagian penelitiannya baru uji coba pada hewan saja.

Diketahui dari Journal of Food Science and Technologi bahwa 30 wanita mengkonsumsi 7 gram bubuk daun kelor tiap harinya hingga 3 bulan dan ditemukan adanya penurunan kadar gula darah puasa rata-rata hingga 13,5 %.

Pada studi lainnya, juga didapatkan dari 6 penderita diabetes bahwa dengan menambahkan 50 gram daun kelor ke makanan dapat mengurangi kenaikan gula darah hingga 21%.

Begini, Cara Membuat Teh Daun Kelor

tidak sulit untuk membuat the daun kelor ini, kamu bisa simak apa saja bahan yang digunakan serta cara pembuatannya dan penjelasan dibawah ini.

Bahan-bahan:

● Daun kelor 3-4 batang

● Satu gelas air panas

● Madu secukupnya

● Hasil perasan air lemon

Cara pembuatan:

1. Pertama, ambillah 3-4 batang daun kelor, kamu bisa pilih daun yang sudah tua.

2. Keringkan daunya dengan cara alami yaitu dijemur atau bisa juga dengan alat khusus. Biasanya proses ini memakan waktu 10-14 hari sehingga apabila ingin membuat teh daun kelor maka harus membuatnya sekaligus.

3. Haluskan segera daun kelor dan batangnya yang telah kering.

4. Apabila sudah selesai, bubuknya ditunangkan ke daun ke cangkir lalu tambahkan air panas.

5. Tunggulah hingga 5 menit, pastikan airnya sudah berubah warna

6. Kamu juga bisa tambahkan madu dan lemon.

7. Terakhir, teh daun kelor siap diminum.

Walaupun daun kelor memang direkomendasikan untuk pengobatan diabetes, namun kamu tetap disarankan agar berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebab penelitian mengenai manfaatnya ini baru lewat tahap uji coba secara praklinik (hewan percobaan) saja. Sebab itulah diperlukan penelitian lebih lanjut agar efektivitas dan keamanannya lebih terjamin.

Ada yang pernah cobain teh daun kelor ini? Baca juga keajaiban moringa untuk umat manusia di sini ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image