Rabu 04 May 2022 14:22 WIB

Mahasiswa Mesir UMM Jalani Empat Kali Lebaran di Indonesia

Mahasiswa asal Mesir tersebut bercerita pengalaman berlebaran di Indonesia.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba. Perempuan asal Mesir ini telah menjalani Lebaran tahun keempatnya di Indonesia.
Foto: humas umm
Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba. Perempuan asal Mesir ini telah menjalani Lebaran tahun keempatnya di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Merayakan lebaran jauh dari keluarga, memunculkan rasa rindu tersendiri. Hal tersebut yang dirasakan salah satu mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba.

Pada kesempatan ini, mahasiswa asal Mesir tersebut bercerita pengalaman berlebaran di Indonesia. Rania tak menampik hidup jauh dari keluarga itu tidak mudah dijalani. Namun beruntungnya, dia berada di negara mayoritas Muslim seperti Indonesia yang masih memberikan euforia lebaran meskipun sedikit berbeda di negaranya. "Namun, beberapa teman Indonesia saya banyak yang pulang ke kampung halaman, jadi terasa agak sepi,” kata perempuan berhijab ini.

Baca Juga

Rania yang sudah menjalani tahun keempatnya di Indonesia melihat bahwa tidak ada perbedaan yang jauh terkait perayaan lebaran di kedua negara. Banyak yang pulang, berkumpul dengan keluarga di daerah asal.

Menariknya, makanan favorit Rania saat berlebaran bukanlah opor ayam atau sejenisnya. Namun ia lebih suka menyantap bakso Malang yang bisa dengan mudah ditemui. Saat makan Bakso Malang, suasana hati yang sedih langsung bisa terobati. 

Selanjutnya, Rania mengaku lebih suka berlebaran bersama teman-teman dekatnya yang juga mahasiswa asing. Memiliki kerinduan yang sama akan keluarga semakin mendekatkan mereka. Biasanya, usai salat idul fitri, mereka berkumpul, memasak bersama, makan bersama seraya menonton film.

Rania juga mengaku sangat bahagia meskipun harus merayakan idul fitri di Indonesia. Hal itu tidak lepas dari orang-orang Indonesia yang ramah dan suka memberikan senyum. Bahkan, beberapa kali ia menerima bingkisan untuk dinikmati bersama kawan-kawannya.“Alhamdulillah meski jauh dari keluarga, saya dikeliling oleh teman-teman dan masyarakat yang ramah,” ungkapnya dalam pesan resmi, Selasa (3/4/2022).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement