Kamis 05 May 2022 09:14 WIB

Platform Zamzam Bantu Jamaah Umroh Hanya dengan Beberapa Klik

Jamaah umroh tidak lagi harus menunggu berhari-hari untuk mengambil visa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Platform Zamzam Bantu Jamaah Umroh Hanya dengan Beberapa Klik
Foto: AP
Platform Zamzam Bantu Jamaah Umroh Hanya dengan Beberapa Klik

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah platform daring untuk perjalanan umroh, Zamzam, mencatat rekor jumlah peziarah yang memilih melakukan perjalanan ke tempat-tempat suci Arab Saudi dalam beberapa klik. Perusahaan telah melayani lebih dari 350 ribu pelancong dan memesan transfer untuk sekitar 170 ribu peziarah dalam enam bulan terakhir.

Angka-angka tersebut mencerminkan kebangkitan pariwisata religi di dunia pascapandemi, sekaligus berbicara banyak tentang peran teknologi dalam memfasilitasi salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia. “Wisatawan tidak lagi harus menunggu berhari-hari untuk mengunjungi kedutaan dan secara fisik mengambil visa mereka. Sebaliknya, mereka dapat melakukan semuanya dalam beberapa klik,” Pendiri dan CEO Zamzam.com Omar Akbar, dikutip di Arab News, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga

Diluncurkan pada 2019, platform perjalanan yang berbasis di Jeddah tersebut menawarkan berbagai layanan, seperti reservasi penerbangan, pemesanan hotel dan layanan darat, selain mengeluarkan visa umrah kepada umat Muslim yang membutuhkannya. Baru-baru ini, mereka meluncurkan fasilitas pusat panggilan khusus dengan staf multibahasa yang berpengalaman, mesin perpesanan otomatis melalui WhatsApp dan dukungan email. Zamzam berupaya melayani pelanggan sepanjang waktu sepanjang tahun.

“Kami memulai usaha ini sebelum pandemi dengan ide membuat portal daring pertama yang melayani wisata religi. Kami menyaksikan peluncuran yang sukses, tetapi semuanya terhenti ketika pandemi melanda. Jadi, daripada memikirkan jalan buntu, kami menghabiskan dua tahun berikutnya untuk memperbaiki portal dan menambahkan lebih banyak layanan,” lanjutnya.

Setelah dua tahun pembatasan pandemi, ketekunan yang mereka rasakan akhirnya terbayar ketika Kerajaan Saudi meningkatkan jumlah jamaah haji per hari sebesar satu juta, seakan membawa dimensi baru ke ibadah umrah.

“Peziarah hari ini tidak ingin membatasi diri di kamar selama dua minggu mereka tinggal di Kerajaan. Sebaliknya, mereka ingin mengikuti jejak Nabi Muhammad dan mengalami kisah-kisah otentik,” ucapnya.

Saat ini, perusahaan sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan dengan Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan lisensi membuat paket wisata yang mengikuti jejak Nabi Muhammad.

Didirikan melalui kerja sama dengan TBO.com, Zamzam.com juga menawarkan layanan kelas atas seperti layanan pertemuan dan bantuan VIP di bandara Jeddah, tur umrah berpemandu, program khusus untuk memperkaya pengalaman pengunjung, serta layanan premium untuk eksekutif, kerajaan delegasi dan tamu.

Selain itu, platform ini telah bermitra dengan beberapa lembaga keuangan seperti VFS, Merit, Abu Dhabi Commercial Bank dan Buy Now Pay Later, untuk menawarkan program loyalitas eksklusif bagi pelanggan dengan kartu kredit yang relevan.

Platform ini berkomitmen menciptakan pengalaman ziarah yang bermakna bagi pelancong religius yang datang ke Kerajaan dari lebih dari 110 negara di seluruh dunia. Mereka juga telah memelihara jaringan agen mitra, profesional industri dan menejemen tujuan yang efisien.

Pada 19 April, Zamzam mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Masyarakat Amal Al-Birr di Makkah. Berdasarkan MoU, Zamzam akan menyumbangkan sejumlah uang dari setiap pemesanan yang diselesaikan di situsnya ke Al-Birr, selama satu tahun ke depan. Donasi tersebut akan digunakan untuk mendukung berbagai program amal yang dilakukan oleh Al-Birr untuk melayani masyarakat.

https://www.arabnews.com/node/2075196/business-economy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement