Jumat 06 May 2022 14:34 WIB

Yayasan di Turki Salurkan Bantuan ke 58 Negara

Yayasan di Turki laksanakan kegiatan Ramadhan jangkau kalangan tak mampu.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ramadhan
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Organisasi non-pemerintah (LSM) Turki, Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH), yang menyumbangkan amal ke 58 negara selama Ramadhan, termasuk Turki, memberikan bantuan kepada lebih dari 2 juta orang. IHH mendistribusikan 312 ribu paket sembako dan 122.000 pakaian untuk anak yatim di hari raya Idul Fitri.

Yayasan tersebut melaksanakan kegiatan Ramadhan dengan semboyan 'Jaga Ramadhan tetap hidup' dan menjangkau masyarakat kurang mampu di lima benua. Di Turki, IHH bersama dengan berbagai organisasi bantuan kemanusiaan, memberikan bantuan kepada lebih dari 1 juta orang di 81 provinsi. Itu juga menjangkau lebih dari 1 juta orang di luar negeri.

Baca Juga

Di Afrika, Ketua IHH Afrika Barat Mustafa Ihsan Orhan, mengatakan bahwa LSM tersebut menjangkau ratusan ribu orang di lebih dari 20 negara di kawasan tersebut. Bantuan ini sangat penting bagi Afrika.

"Prioritas kami adalah pengungsi, terutama di kawasan Afrika Barat karena ada masalah migrasi karena meningkatnya konflik. Kami juga telah memprakarsai proyek untuk pengungsi yang mengungsi di Chad karena konflik di wilayah perbatasan Chad dengan Kamerun," katanya merujuk pada proyek di Burkina Faso dan Mali, seperti dilansir TRT World, Kamis (5/5).

Tahun ini saja, IHH telah mendistribusikan lebih dari 312 ribu paket sembako. Rinciannya yaitu 184 ribu di dalam negeri, 63.168 di Suriah, dan 63.565 di negara lain. Zakat yang selama ini dikenal sebagai bentuk zakat wajib untuk meringankan penderitaan jutaan orang, juga disalurkan kepada mereka yang membutuhkan di bulan Ramadhan.

Untuk berbuka puasa, makanan berbuka puasa disajikan kepada lebih dari 380 ribu orang di Turki, Suriah, Serbia, Polandia, Sudan, Burkina Faso, Chad, Mali, Niger, Bangladesh, Arakan, Bangsamoro, Afghanistan, Azerbaijan, Moldova, Jalur Palestina-Gaza , Yaman, Lebanon, dan Suriah.

"Bantuan kami ke Ukraina terus berlanjut. Ada fakta yang harus diketahui bahwa Ukraina adalah negara dengan sekitar dua juta Muslim. Oleh karena itu, kegiatan Ramadhan menjadi perlu dilakukan di sana," kata Sekjen IHH Durmus Aydin.

Selain itu, program buka puasa dan sahur diselenggarakan untuk 1.440 anak di 18 panti asuhan di enam negara berbeda selama Ramadhan. Hadiah Idul Fitri juga dibeli untuk mereka dengan dukungan para dermawan dan diberikan kepada 122.446 anak-anak di Turki dan di seluruh dunia.

IHH juga melanjutkan pekerjaan bantuan kemanusiaan di Palestina di bawah pendudukan Israel. Mereka memberikan dukungan kepada warga Palestina yang membutuhkan selama Ramadhan. Di Palestina, IHH membagikan 5.552 paket sembako, memberikan voucher belanja kepada seribu keluarga, dan membagikan makanan buka puasa kepada 16.870 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement