Jumat 06 May 2022 15:01 WIB

H+3 Lebaran, Ada 15.400 Penumpang Kereta Berangkat dari Pasar Senen

Masih banyak warga yang baru mudik dengan naik kereta dari Stasiun Pasar Senen.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang menunggu kereta jelang libur Idul Fitri di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada 29 April 2022.
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Penumpang menunggu kereta jelang libur Idul Fitri di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada 29 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Jakarta dan sekitarnya yang baru mudik Lebaran jumlahnya ternyata masih banyak. PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 1 Jakarta mencatat sejumlah 15.400 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada H+3 Lebaran atau 6 Mei 2022.

"Dari Stasiun Pasar Senen terdapat 29 kereta api beroperasi, dua kereta api di antaranya merupakan kereta api tambahan," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Dengan demikian, ia menilai, volume keberangkatan dari sejumlah stasiun di area KAI Daop 1 masih tinggi, terutama di Pasar Senen. Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah pemudik yang akan berangkat menggunakan kereta masih cukup ramai pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Selanjutnya pemudik yang berangkat mulai landai pada pukul 12.00-14.00 WIB dan tergantikan oleh mulai ramainya pemudik yang kembali atau arus balik. Eva mengingatkan kepada seluruh pengguna jasa kereta yang tiba untuk memeriksa kembali barang bawaannya lantaran cukup banyak petugas yang menemukan barang tertinggal di dalam rangkaian kereta.

"Bawalah barang bawaan sesuai kemampuan, dalam artian jangan terlalu berlebih," kata Eva. Dia menuturkan, terdapat beberapa antisipasi yang dilakukan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta pada momen kedatangan pemudik, yakni petugas fokus melakukan pengaturan arus penumpang yang tiba di stasiun agar tidak terjadi penumpukan di titik tertentu.

Petugas juga akan melakukan penyisiran di setiap kereta yang tiba untuk memastikan tidak ada barang pengguna jasa yang tertinggal. Kendati begitu, Eva menegaskan, jika ada barang penumpang yang tertinggal dan ditemukan, petugas akan langsung mengamankan dan melakukan pendataan untuk dimasukkan ke dalam sistem lost and found.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement