Senin 09 May 2022 12:22 WIB

Facebook Bisa Lacak Aktivitas Anda, Ini Cara Menghentikannya

Alat off-Facebook bisa menghentikan Facebook dari pelacakan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Raksasa media sosial Facebook dapat melacak Anda di seluruh web. Namun, ada pengaturan privasi sederhana yang dapat menghentikannya yang disebut alat Off-Facebook Activity. 

Alat tersebut sudah ada sejak tahun 2019 yang memungkinkan Anda melihat dan mengontrol data yang dibagikan aplikasi dan situs dengan platform.

Baca Juga

Selain itu, Anda juga bisa memantau jenis informasi yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga. Dengan fitur privasi, Anda dapat menghapus riwayat aplikasi dan situs web yang telah membagikan data Anda.

Anda juga bisa menonaktifkan Off-Facebook Activity yang memberi tahu Facebook untuk memutuskan informasi apa pun yang telah dibagikan perusahaan dari akun Anda. Atau Anda secara selektif dapat memilih perusahaan mana yang ingin Anda hentikan berbagi aktivitas.

Cara mengelola situs yang dibagikan dengan Facebook

Dengan menggunakan alat bisnis Facebook, Anda dapat melihat informasi apa yang telah dikirim oleh aplikasi dan situs web ke perusahaan. Dari sana, Anda dapat menghapus informasi dari akun Anda dan menonaktifkan pelacakan Off-Facebook Activity di masa mendatang.

Anda akan dapat mengontrol ini untuk semua aplikasi dan situs web sehingga mereka tidak lagi dapat berbagi aktivitas pencarian Anda dengan Facebook. Untuk memulai, buka Settings & Privacy > Settings > Off-Facebook Activity. Dari sana, Anda dapat mengelola Off-Facebook Activity, menghapus semua riwayat, dan mematikannya di masa mendatang.

Apa yang terjadi ketika Anda mematikan Off-Facebook Activity?

Setelah Anda menghapus aktivitas yang dikelola oleh alat tersebut, Facebook akan menghapus informasi identitas Anda yang dibagikan oleh aplikasi dan situs web. Ini berarti Facebook tidak akan tahu situs web mana yang Anda kunjungi atau apa yang Anda lihat sehingga Anda tidak akan melihat iklan bertarget dari situs tersebut.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan privasi di Facebook?

Dilansir CNet, Senin (9/5/2022), jika Anda ingin mengontrol iklan mana yang Anda lihat di Facebook, buka “Settings” di ponsel atau desktop dan pilih “Ad Preferences.”

Di bawah “Advertisers and Businesses,” Anda dapat melihat pengiklan mana yang menjalankan iklan menggunakan daftar yang diunggah ke Facebook yang berisi informasi Anda. Jika Anda memilih perusahaan dan memilih “Hide Ads,” Anda tidak akan melihat iklan dari pengiklan saat mereka menggunakan daftar dari perusahaan tersebut.

Anda juga dapat membuka “Ad Settings” dan mematikan iklan berdasarkan data dari mitra, iklan berdasarkan aktivitas Anda di Produk Perusahaan Facebook yang Anda lihat di tempat lain, dan iklan yang menyertakan tindakan media sosial Anda. Namun, melakukan ini tidak akan menghapus data apa pun dan Anda akan tetap melihat jumlah iklan yang sama seperti sebelumnya. Fitur Off-Facebook Activity adalah cara terbaik untuk menghapus data Anda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement