Rabu 11 May 2022 10:17 WIB

Pemerintah Jepang Anugerahkan Bintang Jasa untuk Jusuf Kalla

Jusuf Kalla mendapat penghargaan Grand Cordon of the Order of ther Rising Sun.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla
Foto: Republika/Thoudy Badai
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Founder dan Advisor Kalla Grup, HM Jusuf Kalla menjadi salah satu tokoh yang memperoleh bintang jasa dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Indonesia. Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 ini dinilai telah berjasa dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Penganugerahan bintang jasa tersebut diumumkan melalui laman resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Bintang tanda jasa yang diberikan kepada JK, sapaan karib Jusuf Kalla ialah Grand Cordon of the Order of ther Rising Sun. Jasa utamanya ialah memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Baca Juga

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Jusuf Kalla yang telah mendapatkan bintang jasa dari Kedubes Jepang untuk Indonesia," kata Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Legal Officer & Corporate Secretary KALLA dalam keterangannya, Rabu (11/5). 

Kontribusi Jusuf Kalla menurut pemerintah Jepang ialah saat menjabat sebagai wakil presiden selama 10 tahun, pada masa pemerintahan Presiden Yudhoyono periode pertama (tahun 2004-2009) dan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama (tahun 2014-2019). Selama masa jabatan tersebut, JK secara konsisten membantu melakukan kordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang. Hal ini memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia. 

 

"Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau memang banyak berkontribusi dalam membangun dan menjaga hubungan baik antar negara melalui langkah-langkah diplomatiknya, khususnya bersama pemerintah Jepang. Sampai sekarang pun beliau masih menjaganya dengan sangat baik," ujar Subhan.  

Selain itu, JK terus memberikan perhatiannya pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011, di antaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang.

Sebagai Founder Kalla Grup, Jusuf Kalla juga berhasil membangun hubungan bisnis dengan perusahaan otomotif asal Jepang, yaitu Toyota. "Tentunya ini menjadi kebanggaan kami semua di KALLA," ucap Subhan. 

Kalla Grup yang telah menjadi salah satu founder dealer Toyota di Indonesia pun saat ini konsisten menjadi market leader di area penjualannya, yakni di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, SUlawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Selain Jusuf Kalla, ada pula dua figur lainnya yang dianugerahi bintang jasa, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang, Yusrin Ihza Mahendra. Masing-masing dari mereka mendapatkan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement