Jumat 13 May 2022 17:22 WIB

RS PKU Surakarta Buka Layanan Poliklinik Eksekutif

Dibukanya layanan poliklinik eksekutif yakni untuk menangkap peluang pasar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
 Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih, meresmikan layanan poliklinik eksekutif RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Jumat (13/5/2022).
Foto: Dokumen
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih, meresmikan layanan poliklinik eksekutif RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Jumat (13/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, membuka layanan poliklinik eksekutif. Layanan ini diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih, Jumat (13/5/2022).

Siti menyebut, dibukanya layanan poliklinik eksekutif ini merupakan terobosan luar biasa. Menurut dia, karena tuntutan dan kesibukan, saat ini banyak masyarakat mengharapkan layanan kesehatan yang lebih.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi rumah sakit. Meskipun begitu, katanya, tantangan tersebut harus dijadikan peluang bagi rumah sakit untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan poliklinik eksekutif RS PKU ini bisa berkembang dengan baik, menjadi yang terdepan dalam pelayanan kesehatan di Kota Surakarta," kata Siti di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

Siti juga berharap agar pelayanan kesehatan di Surakarta juga berkembang dengan adanya layanan tersebut. Untuk itu, ia menekankan agar dalam menjalankan poliklinik eksekutif ini harus ada kerja sama yang baik dari seluruh pihak yang terlibat.

"Poli eksekutif ini akan berjalan dengan baik, pasti memerlukan kerja sama seluruh pihak, baik jajaran direksi dan jajaran medis," ujar Siti.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Mardiatomo mengatakan, dibukanya layanan poliklinik eksekutif yakni untuk menangkap peluang pasar. Pasalnya, kata dia, ada tuntutan dari segmentasi pelanggan umum yang memerlukan layanan eksekutif dengan biaya yang tetap terjangkau

"Juga untuk mempersiapkan hospital tourism yang saat ini juga sedang digarap oleh Pemerintah Kota Surakarta," kata Mardiatomo.

Dalam hal kualitas pelayanan medis, juga tidak ada perbedaan dengan pelayanan poliklinik regular lainnya. Ia menjelaskan, yang membedakan hanya pada fasilitas dan kenyamanan yang diberikan.

Dengan dibukanya layanan poliklinik eksekutif di RS PKU Muhammadiyah Surakarta ini, diharapkan menjadi salah satu pilihan tempat rujukan layanan kesehatan. Khususnya layanan poliklinik spesialis bagi masyarakat Kota Surakarta dan sekitarnya yang membutuhkan layanan cepat, tanpa antrean, dan nyaman.

Poliklinik eksekutif RS PKU Muhammadiyah Surakarta sebelumnya telah dilakukan soft opening pada 9 Mei lalu. Soft opening dilakukan dengan turut dibukanya klinik spesialis kebidanan, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis saraf, spesialis bedah, dan spesialis kulit kelamin.

"Direncanakan setelah peresmian ini, akan segera dibuka klinik-klinik spesialis lainnya," ujar Mardiatomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement