Kamis 19 May 2022 07:31 WIB

Kemendag Dorong Ekspor Produk Mamin Halal ke Pasar Kanada

Kemendag Dorong Ekspor Produk Mamin Halal ke Pasar Kanada

Rep: Vina Anggita (swa.co.id)/ Red: Vina Anggita (swa.co.id)
Kemendag Dorong Ekspor Produk Mamin Halal ke Pasar Kanada
Kemendag Dorong Ekspor Produk Mamin Halal ke Pasar Kanada

Kementerian Perdagangan melalui Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver bersama Atase Perdagangan Ottawa dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ottawa, Kanada, terus mendorong pemasaran produk halal Indonesia di pasar global. Kali ini, promosi dilakukan dengan turut berpartisipasi dalam Halal Expo Toronto 2022. Pameran ini berlangsung pada 12—14 Mei 2022 dan diikuti sekitar 100 peserta dari Kanada, Indonesia, Turki, Portugal, India, Pakistan, dan Malaysia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian

Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, Toronto sebagai pusat ekonomi dan perdagangan Kanada memiliki banyak pemain di industri makanan dan minuman (mamin) dan merupakan akses pasar yang sangat baik sebagai pintu masuk ke seluruh wilayah di pantai timur Kanada.

Kanada juga dinilai merupakan negara yang sangat terbuka terhadap imigran, termasuk yang berasal dari negara muslim. Menurut data World Atlas, saat ini jumlah populasi penduduk muslim Kanada sebanyak 1,7 juta atau 3,20% dari total populasi penduduk Kanada. Dengan estimasi peningkatan jumlah penduduk muslim sebesar 15 persen setiap tahunnya, pasar Kanada menjadi salah satu pasar produk halal di Amerika Utara yang bernilai US$ 1 miliar pertahun.

“Indonesia sebagai negara dengan masyarakat muslim terbesar dunia memiliki banyak produsen produk halal yang perlu diperkenalkan kepada dunia, salah satunya ke pasar Kanada. Pameran ini merupakan ajang mempromosikan produk halal Indonesia di Kanada, khususnya produk mamin,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip SWA Online, Selasa (17/05/2022).

Duta Besar RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak menyebut, kehadiran Indonesia pada pameran ini adalah bagian dari strategi meningkatkan nilai dan pangsa pasar ekspor Indonesia di Kanada dengan menggaet dan mengambil dari ceruk konsumen sektor halal. Target peningkatan ekspor Indonesia di pasar Kanada pada 2022 tumbuh 1,96% atau mencapai USD$ 1,08 miliar. Target transaksi yang diharapkan dari kegiatan pameran ini sebesar US$ 1,2 juta atau setara Rp17,4 miliar.

"Pasar halal termasuk pasar spesifik untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang spesifik, yang mencari produk halal. Konsumen produk halal terus berkembang dan meningkat pesat, tidak hanya berasal dari kaum muslim, tapi juga nonmuslim yang meyakini produk halal dapat memberikan jaminan terhadap produk yang lebih bersih, sehat, dan baik,“ kata dia.

Dalam pameran ini, Paviliun Indonesia mengusung produk halal dari Mayora, Indofood, Archipelago Marketplace Inc., Caldera Coffee, Indonesia Market Hub, dan Jajanan Indo.ca. Adapun produk yang ditampilkan antara lain aneka produk makanan ringan serta minuman kemasan siap saji, aneka bumbu masak kemasan, beras porang instan, mi instan, dan kopi special single origin.

Paviliun Indonesia juga mendapatkan penghargaan dari panitia penyelenggara Halal Expo Toronto 2022 untuk kategori partisipasi terbaik dengan penilaian desain stan dan kategori produk terbaik.

“Kehadiran Indonesia dalam ajang Halal Expo ini merupakan keikutsertaan yang pertama kali. Indonesia perlu dipromosikan dan digaungkan secara konsisten dan menyeluruh di pasar Kanada. Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini merupakan upaya menghubungkan produsen Indonesia dengan para pemain kunci di sektor produk halal, sekaligus menggali peluang dalam mencetak transaksi bisnis,” terang Kepala ITPC Vancouver Robby Handoko.

Robby melanjutkan, setelah menjajaki, mempelajari, sekaligus melakukan evaluasi hasil penyelenggaraan dan pelaksaaan Halal Expo 2022, ada kemungkinan Indonesia dapat mengembangkan pemasaran produk halal di Kanada. Tidak hanya terbatas pada produk mamin,namun juga kosmetik dan kecantikan, sektor jasa produk halal, serta syariah.

Atase Perdagangan Ottawa, Iffah Sa’aidah menerangkan, guna meningkatkan kontribusi ekspor produk halal Indonesia dan sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dan kiblat mode bagi fesyen muslim dunia, perlu dilakukan berbagai upaya dan strategis, salah satunya melalui partisipasi dalam kegiatan nasional maupun internasional di Kanada.

Sementara itu pada 2020, nilai ekspor Indonesia untuk produk halal ke dunia diperkirakan mencapai US$ 6 miliar dan menempati peringkat 21 dunia. Sedangkan, untuk ekspor fesyen muslim, diperkirakan mencapai US$ 4,2 miliar dan menempati 13 besar dunia. Sedangkan, ekspor produk halal Indonesia saat ini baru berkisar 3,8% dari total pasar produk halal dunia. Saat ini, Kanada masih belum melakukan pencatatan secara khusus untuk nilai ekspor produk halal Indonesia ke Kanada.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement