Rabu 18 May 2022 12:55 WIB

Menag Bertolak ke Arab Saudi, Pastikan Layanan Jamaah Haji Siap

Menag menekankan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap jamaah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag Bertolak ke Arab Saudi, Pastikan Layanan Jamaah Haji Siap
Foto: Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag Bertolak ke Arab Saudi, Pastikan Layanan Jamaah Haji Siap

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi, Rabu (18/5/2022). Keberangkatannya kali ini untuk memastikan layanan yang akan diberikan ke jamaah haji sudah siap.

"Dini hari ini, saya berangkat ke Arab Saudi. Ini adalah pemberangkatan jamaah haji kali pertama setelah tertunda dua tahun karena pandemi. Saya ingin memastikan seluruh layanan untuk jamaah sudah siap," ujar Yaqut saat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dalam keterangan yang didapat Republika.

Baca Juga

Keberangkatan Menag ke Arab Saudi didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, serta staf khusus dan tenaga ahli. "Kami akan cek kesiapan layanan katering, transportasi, akomodasi, layanan kesehatan dan lainnya. Intinya jamaah haji harus terlayani dengan sebaik mungkin," lanjutnya.

Pentingnya melayani jamaah haji dengan baik juga ditekankan pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini kepada para petugas haji. Ia meminta tiga aspek penyelenggaraan haji harus dipegang teguh, yaitu pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jamaah.

"Jangan kecewakan jamaah. Jadikan ibadah haji tahun ini sebagai pengalaman terbaik mereka. Jadikan diri kita sebagai sistem pendukung untuk melayani dan membantu jamaah haji mencapai kepuasan maksimal dan mampu menjadi haji yang mabrur. Lakukan ini semaksimal mungkin," ujarnya.

Dirjen PHU Hilman Latief mengatakan proses pengadaan layanan di Arab Saudi sudah berlangsung dalam dua bulan terakhir. Tim dari Kementerian Agama telah menyelesaikan seluruh proses tersebut hingga tahap kontrak kerja sama.

"Kita akan lakukan pengecekan akhir, memastikan begitu jamaah tiba di Saudi layanan sudah bisa dinikmati mereka," ucap dia.

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 100.051 jamaah. Jumlah itu terdiri atas 92.825 kuota jamaah haji reguler dan 7.226 kuota jamaah haji khusus. 

Hilman menyebut jamaah akan mulai terbang ke Arab Saudi pada 4 Juni 2022. Sehingga, semua layanan harus dipastikan sudah siap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement