Jumat 20 May 2022 16:07 WIB

Tiga Calon Haji Mataram Belum Lunasi BPIH

Hari ini merupakan batas akhir pelunasan BPIH.

Tiga Calon Haji Mataram Belum Lunasi BPIH
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Tiga Calon Haji Mataram Belum Lunasi BPIH

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat menyebutkan tiga orang calon haji dari total 401 orang yang akan diberangkatkan musim haji 2022 belum melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

"Jika tiga calon haji tersebut tidak membayar BPIH sampai pukul 24.00 Wita, secara otomatis dianggap mengundurkan diri," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram HM Amin, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Pasalnya, lanjut Amin, hari ini merupakan batas akhir pelunasan BPIH untuk pemberangkatan musim tahun 2022. Sementara hingga saat ini tidak ada informasi kebijakan perpanjangan waktu pelunasan dari pemerintah.

"Jadi kalau tiga orang calon haji ini tidak melunasi BPIH, maka akan diganti oleh jamaah ada dalam daftar cadangan sebanyak 74 orang," katanya.

Namun demikian, penentuan pemberangkatan jamaah yang berada di kuota cadangan ditentukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, sesuai dengan nomor porsinya. Begitu juga untuk penggantian nomor porsi lainnya yang tidak terisi karena beberapa hal.

Amin mengatakan dari 401 calon haji yang masuk kuota pemberangkatan 2022, tercatat sebanyak tiga meninggal dan lima mengundurkan diri karena berbagai alasan. "Jadi kita tidak bisa menetapkan sendiri siapa jamaah cadangan yang berhak menggantikan jamaah yang mengundurkan diri dengan tidak melunasi BPIH," katanya.

Besaran BPIH jamaah haji tahun 2022 untuk Embarkasi Lombok ditetapkan Rp 41 juta. Jumlah itu naik dari BPIH tahun 2020 Rp 38 juta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement