Selasa 24 May 2022 17:55 WIB

Ekonomi Banyumas Tumbuh, Industri Keuangan Diminta Buat Terobosan Baru

Pertumbuhan ekonomi Banyumas paling tinggi di wilayah Barlingmascakeb.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Banyumas dalam Halal Bihalal Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Purwokerto.
Foto: Dokumen
Bupati Banyumas dalam Halal Bihalal Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Purwokerto menggelar acara Halal Bihalal, Senin (23/5/2022) di Kamandaka Room, Hotel Aston Purwokerto. Bupati Banyumas, Achmad Husein turut menghadiri tersebut.

Dalam sambutannya, bupati memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras Perbankan terkait yang telah mendukung pesatnya pertumbuhan ekonomi di Banyumas. Hasilnya, Kabupaten Banyumas berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi di wilayah Barlingmascakeb.

Hal ini tentunya juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitarnya. “Purwokerto menjadi tumbuh pesat, desa dan kecamatan pinggiran juga ikut terdorong oleh pertumbuhan ekonomi yang bagus,” kata bupati.

Ia juga mengingatkan kepada FKIJK untuk terus berupaya membuat suatu terobosan perbankan yang dapat mendorong pergerakan ekonomi yang lebih luas dan lebih cepat. Terobosan ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses keuangan yang lebih mudah dan terjangkau.

 

Terpenting lagi, dapat menghindarkan masyarakat dari organisasi perbankan yang seringkali menjerumuskan mereka.

“Buatlah sesuatu yang baru dan memudahkan masyarakat tanpa harus menghilangkan prosedur tetap yang ada. Terobosan ini sangat penting supaya masyarakat tidak teledor dan terjerumus kepada organisasi perbankan yang nonformal dan ilegal,” lanjutnya.

Salah satu permasalahan penting yang juga harus menjadi perhatian FKIJK yaitu terkait inflasi di Banyumas. Bupati berharap FKIJK dapat membantu mengendalikannya melalui berbagai terobosan baru yang nantinya dapat turut mengendalikan harga barang dengan baik.

Tidak hanya itu, Husein juga meminta bantuan dan kerja samanya dengan pemerintah. Misalnya saja dengan membuat jadwal operasi pasar di setiap bulannya untuk harga barang pokok seperti gula, cabai dan sebagainya.

“FKIJK ada PR dari saya sampai nanti ketemu lagi di halal bihalal tahun depan semoga sudah selesai terobosannya,” ujar dia.

Terkait dengan masalah keuangan yaitu kemiskinan yang masih menjamur di masyarakat khususnya Banyumas, Achmad Husein meminta adanya kemudahan akses bagi masyarakat kecil untuk peminjaman uang terutama peminjaman online.

“Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi dan survei yang bekerja sama dengan BPS atau kita pemerintah dalam menangani masalah peminjaman uang ini,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement