Rabu 25 May 2022 20:03 WIB

NCM Memperingatkan Warga Arab Saudi akan Badai Debu

NCM Memperingatkan Warga Saudi akan Badai Debu

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
NCM Memperingatkan Warga Saudi akan Badai Debu. Foto:   Layar suhu udara di pelataran Masjid Al Haram menunjukkan cuaca di Kota Makkah pada Jumat (12/7) siang di angka 41 derajat celcius. Cuaca panas di Makkah diperkirakan akan terus berlangsung hingga musim haji tahun ini selesai.
Foto: Republika/M Hafil
NCM Memperingatkan Warga Saudi akan Badai Debu. Foto: Layar suhu udara di pelataran Masjid Al Haram menunjukkan cuaca di Kota Makkah pada Jumat (12/7) siang di angka 41 derajat celcius. Cuaca panas di Makkah diperkirakan akan terus berlangsung hingga musim haji tahun ini selesai.

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Pusat Meteorologi Nasional (NCM) telah mengeluarkan peringatan akan badai debu yang mungkin saja terjadi di sejumlah wilayah Arab Saudi pada Senin (23/5/2022).

NCM sebelumnya memperkirakan bahwa wilayah perbatasan utara, Al-Jouf dan Hail akan terpengaruh pada hari Ahad oleh angin dengan kecepatan hingga 55 km/jam.

Baca Juga

Sementara itu dicatat bahwa wilayah Qassim, Riyadh dan Provinsi Timur mungkin akan terpengaruh pada hari Senin oleh angin yang melanda wilayah Kerajaan pada hari Minggu. Wilayah Tabuk, Makkah dan Madinah mungkin terpengaruh oleh debu yang terangkat dan gelombang tinggi. 

NCM memperingatkan, mencatat pentingnya dan perlunya menindaklanjuti informasi cuaca dan instruksi dari otoritas terkait untuk mengambil tindakan pencegahan dan menghindari risiko. 

Patut dicatat bahwa beberapa negara telah mencatat peningkatan tingkat badai debu. Misalnya Departemen Meteorologi Kuwait telah menyatakan bahwa bulan Mei telah menjadi salah satu bulan tertinggi dalam setahun dalam hal badai debu, dengan 30 hari dalam 25 tahun. 

Sementara itu, Kementerian Transportasi Irak mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka akan menangguhkan penerbangan di semua bandara di negara itu pada hari Senin karena kurangnya visibilitas yang disebabkan oleh badai debu.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/620836/SAUDI-ARABIA/NCM-warns-Saudi-Arabias-regions-of-dust-storms

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement