Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abah Konten

Empat Cara Menikmati Kopi yang Baik Ala Anomali Coffee

Gaya Hidup | Wednesday, 25 May 2022, 19:12 WIB
Meminum kopi. Ilustrasi

JAKARTA -- Kopi masih dan terus digemari masyarakat Indonesia. Perkembangan minuman kopi yang semakin inovatif serta banyaknya kedai kopi yang hadir dengan konsep unik membuat masyarakat makin betah untuk menghabiskan waktunya ditemani segelas kopi favorit.

Selain bagian dari gaya hidup, minum kopi bisa menjadi mood boster serta membantu Anda lebih bersemangat ketika menjalankan aktivitas.

Namun, Anda tetap harus memerhatikan beberapa aspek dari rutinitas meminum kopi agar tidak membahayakan kesehatan. Dengan begitu, kopi tetap bisa dinikmati tanpa khawatir akan memberikan dampak merugikan untuk kesehatan.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa di antara yang disarankan Anomali Coffee

Empat Cara Menikmati Kopi yang Baik ala Anomali Coffee:

1. Hindari minum kopi setelah bangun tidur

Tidak sedikit orang yang masih mengonsumsi kopi tepat setelah bangun dari tidur. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan agar tubuh cepat terjaga untuk beraktivitas. Namun nyatanya, meminum kopi setelah bangun tidur tidak disarankan karena bisa memengaruhi kesehatan.

Minum kopi setelah bangun tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang akan berakibat pada meningkatnya stres dan kecemasan. Alih-alih ingin semangat menjalani hari, Anda justru akan merasa gelisah ketika memulai hari.

Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi. Dengan begitu, peran kafein dalam tubuh akan bekerja optimal dan Anda dapat menjalankan aktivitas dengan tetap terjaga.

2. Pilih biji kopi yang berkualitas

Biji kopi yang berkualitas tentu akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jangan sembarang pilih, biji kopi dengan kualitas baik memiliki aroma yang khas serta warna dan fisik yang sempurna. Sekarang, akses untuk mendapatkan kopi yang berkualitas sangatlah mudah. Bisa datang ke gerai atau melalui toko online. Masing-masing biji kopi memiliki cita rasanya tersendiri yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Ketahui takaran kopi yang tepat

Minum kopi juga harus dengan takaran yang tepat. Asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi manfaatnya secara keseluruhan serta menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya.

Jika ingin yang mudah, Anda bisa membeli kopi favoriy secara online atau datang langsung ke gerai kopi terdekat. Kopi yang ditawarkan biasanya beragam dan telah ditakar dengan takaran kopi yang tepat. Misalnya cappucino, latte, black coffee, kopi susu gula aren, hingga manual brew dari biji kopi nusantara yang bisa Anda pilih sesuai selera untuk menemani tetap terjaga selama beraktivitas.

4. Kurangi penggunaan gula

Kopi merupakan minuman yang sehat jika tidak ditambahkan gula berlebih. Gula identik dengan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes, sehingga mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan ketika meminum kopi.

Sejatinya, karakter dan cita rasa dari masing-masing kopi juga akan terdominasi oleh rasa manis jika menggunakan gula yang berlebihan. Bagi yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, Anda tetap bisa menikmati rasa kopi yang otentik dengan mengurangi kadar gula pada kopi secara bertahap.

Namun, jika tetap membutuhkan gula sebagai pemanis kopimu, alternatif lain adalah dengan mengganti gula menjadi pemanis alami stevia.

Nah, itu dia keempat cara menikmati kopi yang baik untuk kesehatan bagi pencinta kopi. Mulai sekarang, perbaiki kebiasaan dalam meminum kopi agar kecintaan Anda terhadap kopi tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Sumber: Anomali Coffee

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image