Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apakah Merasa Bahagia Menyebabkan Anda Merasa Sehat Juga?

Eduaksi | Thursday, 26 May 2022, 21:21 WIB
image: Medium

Meningkatkan kebahagiaan Anda juga dapat membuat Anda merasa sehat.

Poin-Poin Penting

· Sebuah studi yang memanipulasi kebahagiaan orang dengan intervensi mengungkapkan bahwa kebahagiaan dan kesehatan berhubungan positif.

· Dalam studi tersebut, meningkatkan kebahagiaan orang meningkatkan perasaan sehat dan mengurangi perasaan sakit.

· Meningkatkan kebahagiaan orang, bagaimanapun, tidak memengaruhi ukuran objektif kesehatan menurut penelitian dalam periode 3 bulan.

Ada banyak bukti bahwa kebahagiaan dan kesehatan terkait. Secara umum, orang yang bahagia juga lebih sehat daripada mereka yang tidak bahagia. Masalahnya adalah sulit untuk mengetahui apakah menjadi bahagia mengarah pada kesehatan yang lebih baik. Mungkin orang yang tidak sehat lebih sulit untuk bahagia daripada mereka yang sehat. Mungkin orang yang sehat terlibat dalam lebih banyak perilaku yang mengarah pada kesehatan jangka panjang yang baik. Mungkin menjadi bahagia membuat Anda merasa lebih sehat.

Penelitian tentang kesehatan dan kebahagiaan

Untuk mengeksplorasi semacam hubungan kausal antara kesehatan dan kebahagiaan, penting untuk menemukan cara untuk memanipulasi kebahagiaan orang sehingga dapat dipelajari secara eksperimental. Pendekatan itu adalah yang diambil dalam makalah dalam Psychological Science edisi 2020 oleh Kostadin Kushlev, Samantha Heintzelman, Lesley Lutes, Derrick Wirtz, Jacqueline Kanippayoor, Damian Leitner, dan Ed Diener.

Para peneliti ini menguji sekelompok 155 orang dewasa. Setengahnya diberi intervensi psikologi positif selama 12 minggu yang mengajarkan berbagai teknik yang membantu meningkatkan kebahagiaan orang termasuk meditasi kesadaran, rasa syukur, dan mengembangkan hubungan sosial yang lebih baik. Setengah lainnya berada dalam kendali daftar tunggu di mana mereka diberitahu bahwa mereka akan mendapatkan intervensi kebahagiaan nanti, tetapi melakukan semua tindakan pada saat yang sama dengan individu yang mengikuti pelatihan.

Selama pelatihan, para peneliti mengukur penilaian kebahagiaan orang serta ukuran seberapa sehat yang mereka rasakan. Mereka juga mengambil beberapa ukuran kesehatan fisik termasuk tekanan darah dan indeks massa tubuh (BMI). Pengukuran kesehatan subjektif dan objektif ini juga dilakukan tiga bulan setelah intervensi psikologi positif selesai.

Hasil

Intervensi berjalan seperti yang diharapkan. Pada akhir program, kebahagiaan orang-orang yang menjalani intervensi meningkat secara signifikan, tetapi kebahagiaan orang-orang di daftar tunggu kendali tidak berubah secara substansial.

Baik pada akhir program dan tiga bulan kemudian, orang-orang yang menjalani intervensi merasa lebih sehat dan mengalami lebih sedikit penyakit daripada mereka yang dalam kondisi kendali. Selain itu, seiring berjalannya program, peningkatan kebahagiaan dari minggu ke minggu menyebabkan peningkatan perasaan sehat dan penurunan perasaan sakit.

Menariknya, intervensi psikologi positif tidak mempengaruhi ukuran kesehatan fisik. Artinya, tekanan darah dan BMI tidak berbeda antara kelompok.

Pola hasil ini menunjukkan bahwa (setidaknya selama periode enam bulan) menanamkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi menyebabkan orang merasa lebih sehat dan mengalami lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan orang yang tidak menjalani intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan.

Yang kurang jelas dari temuan ini adalah bagaimana peningkatan kebahagiaan mengubah pengalaman kesehatan. Setidaknya selama periode waktu ini, kebahagiaan tidak mengubah penanda objektif dasar kesehatan. Mungkin saja membuat orang merasa lebih baik sehingga mereka tidak mengalami perasaan sakit. Ada kemungkinan kebahagiaan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Mungkin juga efek jangka panjang dari kebahagiaan pada kesehatan mungkin memiliki penyebab yang berbeda. Misalnya, orang yang lebih bahagia mungkin lebih bersedia daripada orang yang tidak bahagia untuk terlibat dalam perilaku sehat seperti makan dengan baik atau berolahraga atau mungkin terlibat dalam lebih sedikit perilaku merusak diri sendiri seperti minum berlebihan atau merokok.

Akhirnya, akan menarik untuk melihat apakah perbedaan jangka panjang dalam kebahagiaan yang dimanipulasi mempengaruhi penanda fisiologis kesehatan selain penilaian subjektif kesehatan. Mungkin periode studi terlalu singkat untuk melihat perubahan fisiologis atau mekanisme lain muncul ketika orang bahagia dalam jangka waktu yang lebih lama. Akan berguna juga untuk melihat apakah manipulasi yang meningkatkan kebahagiaan juga mengarah pada lebih banyak perilaku yang sehat untuk jangka panjang.

***

Solo, Kamis, 26 Mei 2022. 9:13 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image