Jumat 27 May 2022 20:42 WIB

Kloter Pertama Jamaah Haji Aceh Dijadwalkan Berangkat 15 Juni

Jamaah haji Aceh terdiri atas 1.988 orang yang dibagi dalam enam kloter.

Sejumlah Jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Aceh melambaikan tangan sebelum naik ke pesawat udara di Bandara internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (20/7/2019). Kloter Pertama Jamaah Haji Aceh Dijadwalkan Berangkat 15 Juni
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Sejumlah Jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Aceh melambaikan tangan sebelum naik ke pesawat udara di Bandara internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (20/7/2019). Kloter Pertama Jamaah Haji Aceh Dijadwalkan Berangkat 15 Juni

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh menyatakan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Aceh dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 15 Juni 2022.

"Jamaah haji kloter pertama embarkasi kita akan masuk asrama pada 14 Juni 2022 pukul 08.00 WIB dan berangkat pada 15 Juni 2022 pukul 01.25 WIB," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Iqbal, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga

Iqbal mengatakan jamaah haji Aceh yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji 1443 Hijriyah/2022 Masehi terdiri atas 1.988 orang yang dibagi dalam enam kloter. "Lima kloter full (penuh) jamaah Aceh dan satu kloter bergabung dengan jamaah asal Utara, Medan," katanya.

Jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter pertama akan diterbangkan dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi pada 15 Juni 2022. Jamaah dalam kelompok terbang dua hingga lima dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda tanggal 16 sampai 19 Juni 2022.

Sementara itu, jamaah yang tergabung dalam kloter enam dijadwalkan masuk asrama haji pada 20 Juni 2022 dan diberangkatkan ke Tanah Suci pada hari berikutnya. Iqbal mengimbau warga yang dijadwalkan berangkat berhaji tahun ini mempersiapkan diri, termasuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit serta mengikuti manasik.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh sudah bersiap memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci, termasuk menyelesaikan pengurusan dokumen perjalanan haji jamaah, menyelenggarakan manasik, mempersiapkan asrama haji, dan memberikan bimbingan teknis kepada para petugas haji. "Kami terus melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan demi suksesnya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini, yang tentunya berbeda dikarenakan dilaksanakan masih dalam suasana pandemi," kata Iqbal.

Dia bersyukur Pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah dari luar negeri menunaikan ibadah haji dengan beberapa pembatasan tahun ini, setelah dua tahun menerapkan pembatasan sangat ketat dalam pelaksanaan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. "Meskipun ada pembatasan usia maksimal 65 tahun. Kita berdoa dan berharap tahun depan seluruh jamaah haji Indonesia dan Aceh dapat berangkat 100 persen, tanpa batasan usia," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement