Senin 30 May 2022 13:44 WIB

Iran Kirim Tim ke Arab Saudi, Siapkan Fasilitas Haji 

Iran mendapatkan kuota haji sebanyak 40 ribu jamaah pada 2022

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Iran mendapatkan kuota haji sebanyak 40 ribu jamaah pada 2022. Calon jamaah haji asal Iran ketika berada di Bandara AMA, Madinah (ilustrasi)
Foto: FITRIYAN ZAMZAMI/REPUBLIKA
Iran mendapatkan kuota haji sebanyak 40 ribu jamaah pada 2022. Calon jamaah haji asal Iran ketika berada di Bandara AMA, Madinah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, TEHERAN – Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian mengumumkan tim Kementerian Luar Negeri telah ditugaskan untuk memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji. Persiapan ini dilakukan menyusul keberangkatan jamaah asal Iran nantinya.

“Departemen Konsuler dan Kementerian Luar Negeri Iran telah mendedikasikan seluruh kapasitasnya untuk memfasilitasi haji bagi jamaah dan pejabat pelaksana haji dari awal hingga akhir keberangkatan mereka,” kata Amir Abdollahian dikutip di Tehran Times, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

Informasi tersebut dia sampaikan dalam sebuah pertemuan dengan pejabat dari Organisasi Haji dan Umrah dan Kementerian Luar Negeri. Dalam pertemuan tersebut dibahas pula isu terkait pengiriman jamaah ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji ke-145.

Amir Abdollahian menekankan upaya Kementerian Luar Negeri di berbagai tingkatan untuk memfasilitasi keberangkatan jamaah haji Iran untuk musim haji tahun ini. Pihaknya mendukung segala upaya agar umat Muslim Iran dapat berpartisipasi dalam ritual ilahi yang agung ini.

Diplomat top Iran tersebut juga menyatakan kementerian di bawah kepemimpinannya, akan mengirim delegasi konsuler ke Arab Saudi untuk tujuan ini. Amir Abdollahian berharap agar ritual tahun ini berlangsung meriah dan damai dengan bantuan pejabat Arab Saudi.  

Sebelumnya, maskapai Iran Air dikabarkan akan memulai penerbangan pada 12 Juni, membawa peziarah ke Arab Saudi. Setelah dua tahun ditangguhkan, kini maskapai kembali pada tugasnya membawa jamaah asal Iran ke Arab Saudi.

"Iran Air akan membawa sekitar 40 ribu peziarah dalam 158 penerbangan ke Bandara Jeddah dan Madinah, di Arab Saudi, untuk haji tahun ini," kata Kepala Kantor Hubungan Masyarakat Maskapai, Hossein Jahani, dikutip di IFP News, Ahad (29/5). 

 

Sumber: tehrantimes 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement