Selasa 31 May 2022 12:32 WIB

Suriname akan Buka Kedutaan Besar di Yerusalem

Suriname menunjuk Stevanus Noordzee sebagai duta besar nonresiden untuk Israel.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Suriname berencana membuka kedutaan besar di Yerusalem.
Foto: AP/Czarek Sokolowski
Suriname berencana membuka kedutaan besar di Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Suriname berencana membuka kedutaan besar di Yerusalem. Namun, pejabat Suriname dan Israel mengatakan tanggalnya belum ditentukan. 

Rencana tersebut kemungkinan akan ditentang oleh Palestina. Menteri Luar Negeri Suriname Albert Ramdin telah berkunjung untuk bertemu dengan Menlu Israel Yair Lapid, kata pemerintah Israel melalui pernyataan.

Baca Juga

"Selama pertemuan kedua menteri luar negeri, Menteri Luar Negeri Suriname mengumumkan bahwa negaranya berencana segera membuka kedutaan di Yerusalem, ibu kota Israel," bunyi pernyataan itu, Selasa (31/5/2022).

Ramdin mengatakan kepada Reuters bahwa ia tidak tahu pasti kapan kedutaan tersebut akan dibuka. "Kami belum tahu. Kami baru menyampaikan niat tersebut. Pembicaraan itu, mengenai bagaimana dan apa, akan dimulai sekarang," ujarnya.

Yerusalem selama ini merupakan masalah paling pelik dalam konflik yang telah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun antara Israel dan Palestina. Sejauh ini, hanya ada empat negara yang menempatkan kedutaan besar untuk Israel di Yerusalem, bukan di Tel Aviv.

Keempat negara itu adalah Amerika Serikat, Honduras, Guatemala, dan Kosovo.

Palestina menginginkan Yerusalem Timur, yang dicaplok Israel selama perang Timur Tengah pada 1967, sebagai ibu kota negaranya pada masa depan. Israel sendiri menganggap seluruh wilayah kota itu, termasuk bagian timur yang dicaploknya pada 1967, sebagai ibu kota.

Suriname pada Maret menunjuk Stevanus Noordzee sebagai duta besar nonresiden untuk Israel --yakni tidak tinggal di Israel. Pemerintah Suriname mengatakan pihaknya berharap penunjukan duta besar tersebut akan memperkuat hubungannya dengan Israel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement