Selasa 31 May 2022 18:42 WIB

165 Calon Jamaah Haji Pasaman Barat Berangkat 6 Juni 2022

Keberangkatan calon jamaah Pasaman Barat tahun ini didampingi tiga petugas haji.

Jamaah haji berkumpul di Jabal Rahmah, saat menunaikan ibadah wukuf di padang Arafah, Senin (19/7). 165 Calon Jamaah Haji Pasaman Barat Berangkat 6 Juni 2022
Foto: AP/ Amr Nabil
Jamaah haji berkumpul di Jabal Rahmah, saat menunaikan ibadah wukuf di padang Arafah, Senin (19/7). 165 Calon Jamaah Haji Pasaman Barat Berangkat 6 Juni 2022

IHRAM.CO.ID, PASAMAN BARAT -- Sebanyak 165 calon jamaah haji Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, berangkat ke Tanah Suci Makkah pada 6 Juni 2022 pada Kelompok Terbang (Kloter) IV dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan jumlah calon jamaah haji Pasaman Barat merupakan kedua terbanyak di Sumatera Barat setelah Kota Padang. Ia berharap calon jamaah haji dapat memperoleh haji yang mabrur.

Baca Juga

"Kami masyarakat Pasaman Barat juga mohon agar jamaah mendoakan kami, mendoakan pemimpin agar Pasaman Barat ini dilindungi Allah SWT," katanya saat Pelepasan Calon Jamaah Haji Pasaman Barat di Simpang Empat, Selasa (31/5/2022).

Ia meminta jamaah menjaga kesehatan, apalagi keberangkatan kali ini penuh dengan perjuangan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia. "Banyak syarat dan rintangan yang kita lalui agar bapak/ibu semua bisa berangkat ke Tanah Suci. Setelah ini rangkaian kegiatan cek kesehatan, juga akan dilakukan oleh tim medis. Untuk itu mohon jaga kesehatan, karena ibadah haji butuh kesehatan yang prima," katanya.

Apalagi, keberangkatan jamaah haji kali ini juga dibatasi usia maksimal yang mana usia 65 tahun ke atas tidak diizinkan untuk berangkat. "Perjuangan panjang itu harus disyukuri dengan melakukan ibadah haji bersungguh-sungguh," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat Muhammad Nur menjelaskan calon jamaah haji termuda dari Pasaman Barat bernama Hanif Wirayuda dengan usia 20 tahun dan calon jamaah tertua bernama Sri dengan usia 64 tahun. Menurutnya, keberangkatan calon jamaah haji dari Pasaman Barat tahun ini didampingi oleh tiga petugas haji.

Sebagai jamaah nomor dua terbanyak di Sumbar, Muhammad Nur berharap setelah pulang dari Makkah, jamaah haji dapat membentuk majelis taklim, agar masjid-masjid menjadi ramai.

"Kami berharap setelah menjadi haji yang mabrur, nantinya dapat terbentuk kesolehan sosial di Pasaman Barat karena menjadi haji merupakan panggilan khusus dari Allah SWT," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto yang diwakili Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Kompol Muszhendra mengatakan akan mengawal calon jamaah haji dari keberangkatan di Simpang Empat sampai asrama haji di Kota Padang.

"Mudah-mudahan keberangkatan nanti mulai dari Simpang Empat sampai Kota Padang dapat berjalan lancar begitu juga nanti sepulang dari Makkah," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement