Rabu 01 Jun 2022 07:16 WIB

Kota Malang Resmikan Pusat Aktivitas Lansia

Kepedulian bersama terhadap lansia akan mendukung Kota Malang Ramah Lansia.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebagai rangkaian dari peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko meresmikan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera, Selasa (31/5/2022). Fasilitas ini berlokasi di RW 07, Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Pria yang akrab disapa Bung Edi ini mengatakan, kepedulian dan perhatian bersama terhadap lansia akan mendukung terwujudnya Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia. Salah satunya ditunjukkan melalui peresmian Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera.

Baca Juga

Menurut Edi, fasilitas tersebut memiliki gazebo yang bisa dijadikan sebagai pusat aktivitas lansia. "Luar biasa. Lansia bisa bersantai, bisa untuk senam, bisa berkebun juga di dekat sini,” katanya.

Edi mengapresiasi kepedulian berbagai pihak yang turut terlibat dalam menghadirkan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera. Dia bersyukur dan senang sekali ada peran serta dari berbagai pihak yang berkolaborasi untuk menghadirkan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera.

Sebagai informasi, pusat aktivitas lansia ini merupakan wujud kerja sama antara Kelurahan Bakalan Krajan dengan Rumah Zakat Kota Malang. Selain itu, juga melibatkan berbagai komunitas masyarakat setempat.

Dengan adanya fasilitas tersebut, ini menjadi bentuk kesadaran dan kepedulian bersama terhadap lansia. Harapannya, ini dapat meningkatkan kesehatan, kemandirian, maupun kesejahteraan lansia di Kota Malang.

Hal terpenting, kata dia, kegiatan lansia nantinya dilakukan dengan senang, ringan dan positif. "Sehingga tanpa terasa lansia ini semakin produktif dan sehat, sehingga usianya juga semakin panjang,” ucap Edi.

Bung Edi berharap kegiatan semacam ini dapat diimplementasikan di kelurahan maupun kecamatan lain. Dengan demikian, bisa semakin mendukung terwujudnya Kota Malang sebagai kota ramah lansia. Kemudian lansia nantinya dapag merasa berada di rumahnya sendiri.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Malang untuk mewujudkan Kota Malang Ramah Lansia, Lurah Bakalan Krajan, Johan Fuaddy, menyebut kesehatan dan kesejahteraan lansia Bakalan Krajan telah menjadi perhatian khusus. Ia menjelaskan komitmen ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan perusahaan.

Menurut dia, Kelurahan Bakalan Krajan dengan Rumah Zakat telah menjalankan MoU sejak tahun lalu sampai saat ini. Pada tahun ini, pihaknya menjalankan Kelas Lansia di RW 04 dan di RW 07 melalui kegiatan Pusat Aktivitas Lansia.

"Untuk itu kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya yang telah membantu dan mempersiapkan acara ini. Serta berkomitmen terus untuk peduli dan perhatian kepada lansia se-Kelurahan Bakalan Krajan,” jelasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement