Kamis 02 Jun 2022 14:31 WIB

360 Koper JCH Kloter Pertama Tiba di Asrama Haji Donohudan

Rombongan kloter pertama asal Pati dijadwalkan tiba di asrama haji Jumat (3/6/2022).

Petugas menurunkan koper milik jamaah calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (2/6/2022). Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo dari Kabupaten Pati dijadwalkan akan masuk di Asrama Haji Donohudan pada Jumat (3/6/2022).
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas menurunkan koper milik jamaah calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (2/6/2022). Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo dari Kabupaten Pati dijadwalkan akan masuk di Asrama Haji Donohudan pada Jumat (3/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Sebanyak 360 koper milik jamaah calon haji asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (2/6/2022).

Ratusan koper yang diangkut enam truk tersebut tiba di Asrama Haji Donohudan sekitar pukul 09.50 WIB langsung diterima oleh Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo. Untuk selanjutnya dimasukkan tempat penyimpanan.

Petugas juga melakukan pengecekan dan sterilisasi menggunakan alat X-Ray, sebelum diterbangkan bersama JCH ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali. Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Syarul Samsudin menyebut 360 koper itu sudah ada identitas pemiliknya.  

Rombongan kloter pertama asal Pati dijadwalkan tiba di asrama haji pada Jumat (3/6/2022), pukul 08.00 WIB, diterima Satgas PPIH Embarkasi Solo di Gedung Jedah. Petugas sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan terakhir mereka.

 

"Rombongan calhaj (calon haji) kloter pertama itu nantinya ada prosesi serah terima dari petugas PPIH daerah kepada PPIH Embarkasi Solo, kemudian ada pengarahan kesehatan dan cek kesehatan terakhir sebelum istirahat di Gedung Mekah," kata dia.

Sebelum diberangkatkan, para calon haji akan diberikan biaya hidup masing-masing sebesar 1.500 riyal. Kepada setiap calon haji juga dibagikan gelang identitas untuk mempermudah pengawasan oleh pendamping kloter.

Rombongan setelah dilakukan sterilisasi kemudian menuju Gedung Muzdalifah, sebelum diberangkatkan menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali dengan bus dan langsung masuk pesawat terbang. Rombongan kloter pertama diberangkatkan ke Tanah Suci, Sabtu (4/6), pukul 00.30 WIB.

"Jadwal kedatangan koper calhaj di asrama haji pada Kamis ini ada dua kloter, yakni satu dan dua. Koper kloter dua gabungan calhaj asal Pati dan Jepara, dijadwalkan tiba pada sore hari," katanya.

Pada penyelenggaraan ibadah haji 2022, PPIH Embarkasi Solo akan memberangkatkan calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali dengan total 15.305 orang terbagi 43 kloter.

Provinsi Jateng 13.868 calon haji terbagi 39 kloter dan DIY tercatat 1.437 orang yang terbagi menjadi empat kloter. Pada penyelenggaraan haji tahun ini, kata dia, akan terbagi dua gelombang.

Gelombang pertama JCH kloter 1-21 yang akan mendarat di Madinah, Arab Saudi. Ssedangkan gelombang kedua kloter 22-43 akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jedah.

Rombongan calon haji kloter pertama asal Pati rencananya dilepas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Jumat (3/6), sekitar pukul 21.00 WIB. Rombongan baru diterbangkan ke Tanah Suci, Sabtu (4/6), dini hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement