Kamis 02 Jun 2022 16:19 WIB

46 Calon Jamaah Haji Katingan Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Keberangkatan calhaj Katingan masuk dalam gelombang II kloter enam.

46 Calon Jamaah Haji Katingan Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini
Foto: Dok Republika
46 Calon Jamaah Haji Katingan Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

IHRAM.CO.ID, KASONGAN -- Sebanyak 46 calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah siap diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada pekan ketiga Juni 2022.

"Calon jamaah haji Katingan yang berangkat ibadah haji tahun ini berjumlah 46 orang yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 23 perempuan. Usia calon haji tertua seorang perempuan berusia 64 tahun," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Katingan Khairil Anwar melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Taufikurrahman, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga

Keberangkatan calhaj Katingan masuk dalam gelombang II kelompok terbang (kloter) enam. Ke-46 orang calon haji itu tergabung dalam rombongan 4 dan 5 bersama calhaj dari Kapuas, Sukamara, Seruyan, Barito Timur, Pulang Pisau, Murung Raya serta Barito Utara.

Dari jadwal yang disusun, 46 orang calon haji berkumpul di halaman kantor Kemenag Katingan pada Sabtu (18/6/2022) pagi. Selanjutnya mereka diantar dengan bus menuju asrama Embarkasi Banjarmasin. Direncanakan tiba pada hari yang sama sekitar pukul 16.00 Wita.

Sesampainya di lokasi, calhaj sesuai jadwal akan bermalam satu malam. Tujuannya untuk memulihkan stamina dan mengecek kembali kesehatan masing-masing calhaj serta perlengkapan yang dibawa. Kemudian keesokan harinya, Ahad (19/6/2022) sekitar pukul 15.55 Wita, calhaj akan berangkat menuju Tanah Suci Makkah.

"Untuk membantu kelancaran kegiatan ibadah haji selama di Tanah Suci akan didukung empat orang dari petugas kloter dan dua orang sebagai Petugas Haji Daerah (PHD)," ucapnya.

Khairil menyampaikan telah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan semaksimal mungkin. Ia juga mengecek kesehatan calhaj dan melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan terpenuhinya persyaratan dan kelengkapannya sehingga tidak ada hambatan pada saat keberangkatan.

Calhaj diharapkan mempersiapkan diri mulai saat ini, baik fisik, mental maupun rohani. Membersihkan hati, terlebih memperdalam ilmu agama serta memantapkan niat dalam ibadah.

Khairil mengatakan telah melaksanakan kegiatan bimbingan manasik calhaj tingkat Kabupaten Katingan, Selasa (31/5/2022). Melalui bimbingan manasik ini diharapkan calhaj dapat memahami beberapa materi berupa hukum-hukum serta tata cara dalam ibadah haji sampai dengan panduan perjalanan.

"Semoga semuanya berjalan lancar dan sukses, calhaj dan tim tiba dengan sehat selamat di tujuan. Semoga saat di tanah suci Makkah dapat menjalankan ibadah dengan lancar, sehat dan mendapat haji mabrur," kata Taufikurrahman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement