Kamis 02 Jun 2022 21:24 WIB

Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Laksanakan Umrah

Petugas Haji laksanakan ibadah Umrah setibanya di kota Makkah.

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Fian Firatmaja
Sampai di Tanah Suci, petugas Haji langsung laksanakan ibadah Umrah.
Foto: Republika/Achmad Syalabi Ichsan
Sampai di Tanah Suci, petugas Haji langsung laksanakan ibadah Umrah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Sebanyak 325 Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akhirnya sampai di Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (1/5) sekitar pukul 17.20 Waktu Arab Saudi. Para petugas pun langsung mengambil miqat di bandara untuk berniat ihram dalam rangka menunaikan umrah di Masjidil Haram. 

Selepas menunaikan sholat jamak Maghrib dan Isya juga sholat sunah ihram, para petugas diantar terlebih dahulu ke Hotel Al Kiswah di daerah Jarwal di Makkah, yang berada dekat di Kompleks Masjidil Haram. Hotel nantinya akan digunakan sebagai fasilitas akomodasi bagi jamaah haji Indonesia tahun ini.

Setelah menaruh koper ke kamar masing, mereka langsung bergegas ke Masjidil Haram dengan diantar angkutan yang disiapkan daerah kerja setempat.

Rombongan petugas tampak leluasa untuk memasuki Masjidil Haram. Meski ada Askar (Pengamanan Masjidil Haram) yang berjaga, mereka dapat memasuki tanah haram tersebut tanpa harus menunjukkan platform aplikasi yang diwajibkan selama pandemi. Para askar pun tidak menghalangi jamaah yang tidak mengenakan masker. Meski demikian, banyak diantara petugas PPIH memilih untuk mengenakannya.

Para petugas tampak khusyuk melakukan umrah. Banyak diantaranya yang menangis karena baru melihat Ka'bah untuk pertama kalinya. Mereka mengawali prosesi ibadah dengan tawaf qudum (berputar mengelilingi Ka'bah tujuh kali) yang wajib dilakukan bagi jamaah calon haji Tamattu. 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement