Sabtu 04 Jun 2022 09:49 WIB

Wapres Ingatkan Calhaj Waspada Covid dan Cuaca Panas

Cuaca di Arab saat ini sudah meningkat karena telah memasuki musim panas.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih
Wakil Presiden Maruf Amin saat melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Makkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022).
Foto: Fauziah Mursid
Wakil Presiden Maruf Amin saat melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Makkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022).

IHRAM.CO.ID, SIDOARJO -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan para calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh selama pelaksanaan ibadah haji. Sebab, pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir.

"Saya minta disana betul-betul yang pertama ya, karena masih Covid-19 belum habis, supaya menjaga kesehatannya, ya bu pak," ujar Wapres saat melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Makkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022).

 

Wapres mengatakan, calon jamaah haji diminta untuk menjaga kondisi kesehatan agar bisa menyesuaikan  perubahan cuaca di Arab Saudi. Sebab, cuaca di Arab saat ini sudah meningkat karena telah memasuki musim panas.

 

Ia pun mengimbau jamaah tidak berkeliaran jika tidak perlu dan bukan berkaitan dengan ibadah.

 

"Sekarang ini musim panas nanti bapak-bapak ibu-ibu jangan keluyuran karena panasnya agak tinggi," ujarnya.

 

Kiai Ma’ruf juga berpesan kepada para petugas haji tahun ini agar benar-benar melayani jamaah baik sebagai pebimbingnya atau pelayanan kesehatan.

 

"Semua menjalankan dengan baik sehingga jamaah kita bisa terlayani dengan baik di Tanah Suci. Semua pelayanan kita ditingkatkan," ungkapnya.

 

Wapres melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Mekkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022). Kloter pertama yang diberangkatkan dari Surabaya ini terdiri dari 445 calon jamaah haji asal Tuban, Jawa Timur dan empat petugas haji dengan rincian jamaah wanita 247 orang, jamaah laki-laki 202 orang.

 

Dalam pelepasan ini, Wapres didampingi Gubernur  Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. Kloter pertama embarkasi Surabaya ini akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia (Saudia) Airlines SV5141 pukul 08.30 WIB melalui Bandara Juanda, Ahad (4/6/2022).

 

Secara total, embarkasi Surabaya direncanakan memberangkatkan 38 kloter dengan total jamaah 16.967 dengan rincian sebanyak 16.087 jamaah dari Jawa Timur, 318 dari Bali. 291 dari NTT, 119 dari Palembang, dan 152 petugas kloter. Kloter terakhir direncanakan berangkat pada tanggal 02 Juli 2022.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement