Advertisement

Pos Sehat Lansia LKC Dompet Dhuafa,Cegah Frailty Melalui Model Pemberdayaan

Sabtu 04 Jun 2022 16:15 WIB

Red: Yogi Ardhi

Skrining kesehatan yang dilakukan oleh para kader lansia ini sudah berlangsung rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2022, LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa ambil bagian dalam peringatan HLUN yang mengangkat tema Lansia Sehat Indonesia Kuat berlokasi di Kementerian Kesehatan, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Jumat, 3 Mei 2022.

Pada kesempatan kali ini, para lansia termasuk lansia berdaya dari Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa mengikuti berbagai kegiatan seperti senam sehat, senam otak,  skrining  kesehatan,  skrining Penyakit Tidak Menular, vaksinasi booster dan ada juga pentas seni angklung yang berlansung di pelataran Gedung Adhyatma Kemenkes RI. Adapun yang melakukan pemeriksaan skrining PTM ialah para kader dari Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa.

“Pos Sehat Lansia LKC Dompet Dhuafa menjadi model pemberdayaan masyarakat yang menjawab kebutuhan layanan kesehatan lansia dengan peran aktif kader yang terbentuk dari, oleh dan untuk lansia itu sendiri, dengan pendekatan edukasi gaya hidup sehat untuk mencegah frailty atau kerentaan dan terus berdaya guna di usia lanjut dengan kegiatan positif seperti _daily_ cara lansia, _skrining_ kesehatan, edukasi dan senam sehat, pengajian lansia, juga kegiatan penyaluran hobi dan berbagi manfaat sesama lansia,” ungkap dr. Yeni Purnamasari, MKM selaku General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

 

Kegiatan skrining kesehatan yang dilakukan oleh para kader lansia ini sudah berlangsung secara rutin di Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa, yaitu di Pos Sehat Husnul Khotimah dan Pos Sehat Al Falah di Kecamatan Cinere, Kota Depok.

“Dengan ijin Allah, lansia-lansia yang ada di Pos Sehat Husnul Khotimah, Pos Sehat Al Falah dan yang ada di Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu), 37 Posbindu di Kecamatan Cinere kita sering berlatih, bertukar pikiran bersama tentang lansia, akhirnya tercetuslah ide untuk membuat daily care untuk lansia,” ujar dr. Astrina Yulda atau biasa disapa Bunda Ririn yang merupakan Senior Advisor Lansia Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

 

Kegiatan Pos Sehat Lansia yang sudah berlangsung selama ini, sejalan dengan program Kementerian Kesehatan dan berkesempatan untuk menghadiri puncak peringatan HLUN di kantor Kemenkes yang turut juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

 

Budi mengatakan semua program yang dibuat oleh pemerintah tidak dapat sukses dengan sendirinya. Dirinya mengajak semua pihak untuk bekerja sama menyukseskan semua program tersebut supaya negara bisa membangun penduduk yang berkualitas, sehat dan produktif.

 

“Kementerian Kesehatan tidak mungkin bisa melakukan ini sendiri. Kita harus melakukannya bersama-sama. Semua program kita tidak bisa jalan kalua dilakukan oleh kita sendiri, harus bersama dengan berbagai komunitas,” tutur Budi.

 

Semua kalangan banyak yang beranggapan selama ini lansia hanya menjadi objek, tapi saat ini lansia Dompet Dhuafa dan Komda Lansia (Komisi Daerah Lanjut Usia) Cinere berperan sebagai AOC (Agent Of Change), lansia yang berdaya dengan turut serta melakukan skrining kesehatan.

 

Selanjutnya, atas peran yang dilakukan oleh para kader lansia Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa dan Komda Lansia Cinere, Kemenkes memberikan penghargaan kepada 24 AOC sebagai lansia berdaya yang telah berkontribusi sebagai Tim Skrining Kesehatan Kader Kota Depok di acara puncak peringatan HLUN hari ini..

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA