Ahad 05 Jun 2022 11:16 WIB

Perusahaan Al-Zamazemah Siapkan Program Khusus Distribusi Air Zamzam Selama Musim Haji

Kemasan Zamzam dalam botol 330 ml di kirim ke akomodasi jamaah setiap hari

Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).
Foto: Saudi Gazette
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Perusahaan Al-Zamazameh menetapkan rencana operasinya selama musim haji tahun ini.  Di antaranya adalah menghentikan distribusi botol air Zamzam 20 liter kepada jamaah dan menggantinya dengan 330 ml.

Al-Zamazameh merupakan perusahaan yang berada di bawah pengawasan Kementerian Haji dan Umroh. Perusahaan mengatakan tahun ini mereka akan mendukung program haji dengan membantu para jamah selama ibadah.

Anggota dewan direksi perusahaan Hassan Mahmoud Abu Al-Faraj mengatakan botol air yang lebih kecil akan lebih mudah diakses bagi jamaah. Bagian pertama dari rencana musim haji tahun ini termasuk mempersiapkan situs distribusi Zamzam di titik masuk utama ke Makkah dengan dua botol dingin untuk setiap jamaah.

“Pengawas dan pekerja akan direkrut untuk mendistribusikan paket Zamzam kepada jamaah saat tiba di pusat bimbingan sehingga Zamzam akan menjadi air pertama yang dikonsumsi jamaah,” kata Al-Faraj, dikutip Arab News, Ahad (5/6/2022).

Dia melanjutkan untuk program bagian kedua, perusahaan akan mendistribusikan botol Zamzam 330 ml ke akomodasi jamaah dengan tiga botol tersedia untuk setiap jemaah setiap hari. Bagian ini akan dilakukan melalui program digital yang memudahkan akses akomodasi jamaah dan menegaskan proses penerimaan air.

Selain itu, nantinya juga akan pusat kendali internal dan lapangan untuk menindaklanjuti dan memastikan kedatangan Zamzam setiap hari ke akomodasi jamaah hingga keberangkatan mereka. “Dalam koordinasi dengan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, air Zamzam akan diangkut dari Kudai di Makkah ke lokasi pusat pengisian otomatis perusahaan,” ujarnya.

Zamzam dikeluarkan dari tanker air oleh pompa hisap bertekanan tinggi dalam tangki silinder yang terbuat dari besi yang dilapisi kaca. Tangki tersebut memiliki diameter 6 meter, tinggi 7 meter, dan kapasitas 200 meter kubik. Air melewati saringan pasir, badan silinder yang terbuat dari besi karbon dilapisi dengan beberapa lapisan epoksi bagian dalam dan luar dengan diameter 2,6 meter dan tinggi 1,5 meter.

Filter dan pompa berdaya tinggi menghilangkan kotoran yang mungkin tersangkut di Zamzam selama pemindahannya. Al-Faraj mengatakan pusat pengisian otomatis telah memperoleh standar kualitas dan perusahaan juga memiliki sertifikat kualitas ISO untuk pekerjaan administrasi. Standar kualitas, keamanan, dan spesifikasi juga diterapkan di pusat pengisian otomatis yang memproduksi botol air Zamzam berkoordinasi dengan Saudi Geological Survey. n meiliza laveda

https://www.arabnews.com/node/2096541/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement