Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ananda yasmine

Bahaya Kutek Bagi Kesehatan

Gaya Hidup | Saturday, 04 Jun 2022, 21:46 WIB

Kutek sering digunakan oleh para wanita untuk mempercantik tampilan kuku. Tetapi demikian ada beberapa resiko bahwa kutek dapat berbahaya bagi Kesehatan, apalagi jika cara menggunakannya salah atau produk yang dipilih mengandung bahan berbahaya. Berbagai kandungan zat kimia yang berbahaya pada kutek, bahkan produk kutek yang diklaim lebih aman dan sehat juga bisa saja beracun yang berbahaya, hanay saja kadarnya tidak sebanyak seperti biasanya.

Berikut ini adalah berbagai kadnungan bahan berbahaya yang perlu diwaspadai di dalam kutek:

1. Formaldehida

2. Toluena

3. Phthalates

4. Merkuri

5. Logam berat, termasuk timbal dan kadmium

Zat beracun seperti formaldehida atau formalin, merkuri, dan logam berat timbal dapat menimbulkan iritasi pada mata, hidung, kerongkongan, dan paru-paru. Selain itu, paparan zar tersebut dalam jumlah banyak atau jangka Panjang diketahui bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker.

Zat lain yang terkandung pada kutek, seperti toluena, juga dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, serta iritasi pada mata, tenggorokan, dan paru-paru.

Sementara itu, zat phthalates pada kutek dapat meningkatkan risiko terjadi gangguan hormon, masalah kesuburan, dan pubertas dini pada anak-anak. Phthalates juga banyak ditemukan pada produk plastik, seperti botol atau perabot makan dan minum, serta produk pembersih rumah tangga.

Ada juga dampak pengguna kutek bagi Ibu Hamil, dikarenakan paparan zat beracun yang terlalu seringa tau terlalu banyak bisa meningkatkan risiko terjadi berbagai masalah Kesehatan bagi ibu hamil dan janin. Paparan zat beracun dari kutek atau produk lainnya diketahui dapat meningkatakn risiko ibu hamil mengalami keguguran ataupun melahirkan secara prematus. Sedangkan pada janin, paparan zat beracun bisa menyebabkan terjaidnya kelainan bawaan, gangguan tumbuh kembang, dan berat badan lahir rendah. Dan juga ibu hamil jika ingin menggunakan kutek harus mencari pembersih kutek yang tidak menganung aseton, sebab paparan aseton dalam dosis tinggi atau jangka Panjang bisa mengangu tumbuh kembang janin dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit bawaan lahir pada janin.

Dampak Penggunaan Kutek bagi Kesehatan

1. Gangguan pada mata

2. Gangguan pencernaan

3. Gangguan saluran kemih

4. Gangguan saluran pernapasan

5. Gangguan sistem saraf

6. Gangguan pada jantung

Cara Mengurangi Risiko Pemakaian Kutek

· Cermat memilih produk kutek dan jauhi produk yang mengandung zat kimia berbahaya.

· Buka jendela dan pintu sebelum menggunakan kutek aga terjadi pertukaran udara.

· Jauhkan tangan dari tubuh saat mengeringkan kutek.

· Hindari meniup kutek saat mengeringkanya, karena kemungkinan besar anda akan menghirup bahan kimia kutek

· Tiap kali selesai menggunakna dan menghapus kutek, jangan lupa untuk mencuci tangan denagn air dan sabun agar tidak ada bahan kimia yang menempel pada kuku.

Referensi: Adrian, Kevin. 2021. Kenali Risiko Penggunaan Kutek terhadap Kesehatan Tubuh dalam https://www.alodokter.com/kecantikan-warna-warni-kutek-mengandung-risiko#:~:text=Zat%20lain%20yang%20terkandung%20di,pubertas%20dini%20pada%20anak%2Danak. Diakses tanggal 4 Juni 2022

Penulis : Ananda Yasmine

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image