Ahad 05 Jun 2022 21:34 WIB

Jatim Siapkan 1.276 Juleha Sambut Idul Adha

Jumlah 'juleha' itu tercatat dalam Management Qurban

Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban. Anggota Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) menjelaskan cara menyembelih hewan qurban di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban. Anggota Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) menjelaskan cara menyembelih hewan qurban di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan sebanyak 1.276 juru sembelih halal (juleha) menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah."Jumlah 'juleha' itu tercatat dalam Management Qurban," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Ahad (5/6/2022).

Jumlah "juleha"tersebut tersebar di berbagai pondok pesantren (Ponpes), masjid, mushalla, dan lembaga di Jatim, termasuk telah mendapatkan pelatihan, pengarahan, dan sertifikasi.Gubernur Khofifah memastikan kesiapan sarana dan prasarana seperti rumah potong hewan dan juru sembelihnya.

Baca Juga

Selain itu, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut meminta masyarakat tidak resah dengan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah menjangkiti hewan ternak di sejumlah kabupaten/kota sejak awal Mei lalu.

Oleh sebab itu, kata dia,higienitas dan kehalalan daging kurban menjadi keharusan sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat."Bukan hanya hewan ternaknya yang harus disiapkan, tetapi RPH-RPH dan juru sembelihnya juga harus disiapkan dengan baik," ucap mantan Menteri Sosial tersebut.

 

Terkait jumlah "juleha"di Jatim, Gubernur Khofifah juga menuturkan bahwa masih akan terus bertambah seiring dengan berbagai pelatihanyang sedang disiapkan oleh lembaga resmi.Khusus untuk tahun ini, kata dia, seiring dengan adanya wabah PMK, para "juleha"juga mendapatkan materi khusus tambahan, yaitu pemberian materi terkait zoonosisdan kewaspadaan PMK.

"Pada 18 Juni 2022 akan ada pelatihan untuk seluruh masjid di Surabaya. Kemudian besoknya di Masjid Al Akbar untuk 150 masjid se-Jatim," kata Khofifah.

"Intinya kita terus berikhtiar. Di sisi medis berikhtiar, di sisi operasionalnya juga," tutur dia menambahkan.Dari data yang dihimpun oleh Lembaga Juleha Indonesia Jatim, sebanyak 1.276 "juleha"ituberasal dari Pesantren Al Amanah Sidoarjo, Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya, Pesantren El Kadi Mojokerto, PCNU Gresik, dan Vokasi Juleha tahun 2018-2022.

Selain itu juga terdapat 66 "juleha" yang bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada tahun 2022.Kemudian, sekitar 800 orang lainnya merupakan hasil pelatihan Management Qurban di masjid dan mushalla se-Jatim mulai tahun 2018 hingga 2022.

"Penyiapan 'juleha'sangat penting untuk memberikan kepastian halal atas hewan kurban pada masyarakat bahwa daging kurban yang dibagikan dan dikonsumsi telah memenuhi syariat dalam penyembelihan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement