Senin 06 Jun 2022 11:41 WIB

Cara Mudah Buat Emoji WhatsApp Sendiri

WhatsApp memungkinkan untuk membuat stiker khusus Anda di versi web dan desktop.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Emoji yang dirilis WhatsApp.
Foto: GSMArena
Emoji yang dirilis WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Emoji, stiker, dan meme telah menjadi bahasa tersendiri. Namun, terkadang apa yang ditawarkan tidak cukup. Pengguna harus masuk ke sana dan membuat sendiri untuk bisa membuat emoji dan stiker yang sesuai keinginan.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Gboard’s Emoji Kitchen memungkinkan Anda menggabungkan berbagai emoji. Anda juga dapat membuat avatar kartun kostum Anda sendiri menggunakan Bitmoji.

Baca Juga

WhatsApp memungkinkan untuk membuat stiker khusus Anda di versi web dan desktopnya. Sayangnya, itu masih tidak mungkin dilakukan di dalam aplikasi seluler.

Pilihan lainnya adalah menggunakan keterampilan menggambar itu di perangkat seluler Anda. Panduan ini memang Anda mengubah ilustrasi menjadi stiker WhatsApp menggunakan aplikasi Sticker Maker.

Dilansir dari Android Police, Senin (6/6/2022), yang Anda perlukan adalah aplikasi lukisan seluler yang bagus, aplikasi pembuat stiker, WhatsApp, dan tablet atau ponsel dengan dukungan stylus.

Menggambar stiker WhatsApp kustom

Stiker dan emoji bertujuan untuk menyampaikan ide atau emosi, jadi jelaskan apa yang ingin Anda katakan sebelum mulai menggambar. Contohnya, membuat gambar di Infinite Painter dan Pixel Studio.

·         Buka aplikasi menggambar pilihan Anda dan buat kanvas baru.

·         Tetapikan ukuran yang sesuai untuk kanvas Anda. Banyak aplikasi memiliki berbagai preset untuk dipilih. Sebuah persegi lebar 2000px akan cukup untuk ini.

·         Mulailah dengan bentuk dasar untuk dikerjakan seperti persegi atau lingkaran. Anda tidak harus tinggal dalam ini tentu saja.

·         Buat sketsa di fitur utama Anda. Dalam hal ini adalah satu mata yang lebih besar dan alis yang terangkat untuk ekspresi. Kemudian telinga dan hidung panjang yang menjadi ciri khas goblin.

·         Tambahkan warna. Pertahankan skema warna dan detail sederhana untuk memastikan stiker Anda dapat dibaca dalam ukuran kecil.

·         Ekspor gambar Anda. Jika Anda memiliki latar belakang transparan dan menyimpannya sebagai file PNG, ini akan menyelamatkan Anda dari keharusan memotong stiker Anda dari latar belakang nanti.

Membuat stiker Anda di Sticker Maker

·      Unduh dan instal aplikasi Sticker Maker dari Google Play Store.

·      Saat Anda membuka aplikasi, ketuk tombol Create a new sticker.

·      Unggah ilustrasi Anda dengan mengetuk salah satu blok bernomor dan memilih gambar Anda dari pemilih file.

·      Potong gambar Anda dari latar belakang dengan menggambar di sekitarnya menggunakan jari atau stylus Anda. Sebuah jendela kecil akan muncul di kiri atas dengan tampilan yang diperbesar untuk memandu potongan Anda. Jika Anda tidak menyukai sesuatu atau potongan Anda agak miring, ketuk tombol Try Again.

·      Tambahkan beberapa teks untuk efek tambahan, atau ubah lebar dan warna kerangka.

·      Silakan dan simpan stiker Anda setelah selesai.

·      Saat Anda puas dengan tampilan semuanya, tekan tombol Add changes ke WhatsApp untuk mengekspornya ke aplikasi dan mengonfirmasi perubahan. 

Anda dapat mengikuti proses yang sama dengan selfie dan foto hewan peliharaan, teman, atau kolega Anda jika Anda menganggapnya layak untuk stiker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement