Tips Cegah ISPA dan Manfaat Minum Cairan Elektrolit untuk Jamaah Haji Saat di Arab Saudi

Senin , 06 Jun 2022, 12:00 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Tips Cegah ISPA dan Manfaat Minum Cairan Elektrolit untuk Jamaah Haji Saat di Arab Saudi. Foto:  Petugas tim promosi kesehatan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sedang mempraktikkan cara membuat minuman elektrolit. Minuman elektrolit dibutuhkan jamaah untuk menghindari dehidrasi selama di Tahah Suci.
Tips Cegah ISPA dan Manfaat Minum Cairan Elektrolit untuk Jamaah Haji Saat di Arab Saudi. Foto: Petugas tim promosi kesehatan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sedang mempraktikkan cara membuat minuman elektrolit. Minuman elektrolit dibutuhkan jamaah untuk menghindari dehidrasi selama di Tahah Suci.

IHRAM.CO.ID,MADINAH—Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) dr Farida Muhammad SpTHT memberikan tips bagaimana agar jamaah terhindar dari infeksi saluran nafas atas selama di Arab Saudi. Seperti diketahui cuaca ekstrim dapat menimbulkan iritasi pada saluran nafas.

 

Terkait

“Tips ini penting diketahui jamaah agar jamaah tetap sehat saluran pernafasannya selama di Arab Saudi,” kata dr Farida saat ditemui Republika, di KKHI Madinah, Ahad (5/6/2022).

Baca Juga

Dr Farida menyampaikan, salah satu tips sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan cuci hidung. Prosedur ini dapat dilakukan secara mandiri oleh jamaah atau meminta bantuan tenaga kesehatan haji (TKH).

Farida memastikan alat dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Di antaranya adalah spoit 10 cc dan larutan garam fisiologis (cairan infus).

Tujuan dari mencuci hidung ini adalah untuk menjaga fungsi dari selaput lendir hidung. Dan sekaligus juga untuk membersihkan hidung dari virus, kuman debu yang turut masuk bersama udara nafas.

“Prosedur mencuci hidung ini penting terkait dengan kondisi di mana kita masih harus waspada terhadap penyebaran Covid-19 yang masuk melalui hidung,” katanya.