Pos Jaga Siap Bantu Jamaah di Nabawi

Senin , 06 Jun 2022, 16:03 WIB Reporter :Achmad Syalaby Ichsan / Jurnalis : Fian Firatmaja
Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membantu calon haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta Bekasi. (ilustrasi)
Foto : ANTARA/Media Center Haji 2022

IHRAM.CO.ID, MADINAH - Daker Madinah Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan lima pos jaga di sektor khusus Masjid Nabawi, Madinah. Di setiap sektor tersebut, pihak daker  akan menempatkan tenaga kesehatan dan tenaga linjam yang siap untuk membantu jamaah.

 

Terkait

Harun Al Rasyid,  Ketua Seksi Perlindungan Jamaah Daker Madinah PPIH Arab Saudi menjelaskan, lima pos tersebut ditempatkan di lima pintu Masjid Nabawi. Pos tersebut yakni Pos Utama di Pagar 332, Pos 2 Pagar 328, Pos 3 di Pagar 306, Pos 4 di Pagar 358 (Baqi'), sementara Pos 5 ada di Raudhah.

Untuk Pos Raudhah, Harun mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan pihak pengamanan Masjid Nabawi terutama untuk jamaah perempuan. Petugas pengamanan perempuan tersebut, ujar Harun, disebut Abla.

Harun mengimbau agar jamaah memiliki kewaspadaan terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi meski berada di Tanah Suci. Dia menjelaskan, beragam jenis penjambretan dan penipuan kerap terjadi di area Masjid Nabawi. Modus operandi yang biasa dilakukan para pelaku kriminal tersebut yakni mereka akan mendekati dengan alasan mengantar jamaah ke pemondokan. Biasanya, mereka mengincar jamaah lansia yang terpisah dari rombongan. Harun menjelaskan, banyak diantara pelaku adalah warga Indonesia.

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

 

BERITA LAINNYA