Senin 06 Jun 2022 21:12 WIB

Kemenag Depok Ingatkan Calhaj Terapkan PHBS

Berbagai persiapan harus dilakukan mengingat Calhaj akan merasakan cuaca ekstrem

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji kota depok (ilustrasi)
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Jamaah haji kota depok (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok memastikan, sebanyak 763 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kota Depok segera diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada 2022 ini. Untuk itu, berbagai persiapan harus dilakukan mengingat Calhaj akan merasakan cuaca ekstrem selama melaksanakan ibadah haji yakni menjaga kesehatan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, seperti pembiasaan aktivitas di Tanah Suci dimulai dari tanah air. Kemudian, terapkan PHBS agar terhindar dari penyakit," ujar Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi di Kantor Kemenag Kota Depok, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit (RS) Hasanah Graha Afiah (HGA) Kota Depok Yuni Anisa mengatakan, persiapan Calhaj di Tanah Suci lainnya yaitu membiasakan makan teratur dengan gizi seimbang, mengatur konsumsi cairan dengan minum lebih sering, termasuk saat mendekati waktu salat.

"Saat di pesawat supaya membawa dan mengonsumsi minuman. Jangan takut ke toilet, karena minum yang banyak itu penting untuk menghidrasi tubuh," terangnya.

Yuni juga menjelaskan, Calhaj harus membiasakan terpapar panas matahari, namun tidak berlebihan. Serta, meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan sebelum keberangkatan, dengan berolahraga. 

"Pemeriksaan kesehatan rutin sebelum keberangkatan ke Tanah Suci juga perlu Saya berpesan kepada seluruh Calhaj untuk menghindari kopi, teh dan minuman bersoda. Kemudian, minum air putih minimal 200 ml (1 gelas) per jam. Terakhir, membatasi konsumsi makanan atau minuman yang banyak menghasilkan gas sebelum atau selama penerbangan, seperti sayur kol, ubi, durian, minuman bersoda, makanan berlemak tinggi dan pedas," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement