Senin 06 Jun 2022 21:35 WIB

Festival Pasar Senggol Indonesia Ramaikan Istanbul

PPI Dunia dan Rumah BUMN turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Festival Pasar Senggol dihelat satu hari di Halic Congress Center, Istanbul, pada Ahad (5/6/2022)
Foto: dok KJRI Istanbul
Festival Pasar Senggol dihelat satu hari di Halic Congress Center, Istanbul, pada Ahad (5/6/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Komunitas ekonomi diaspora dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Turki menyelenggarakan pameran dagang, pasar kuliner dan festival budaya di Istanbul, Turki. Penyelenggaraan bertajuk "Festival Pasar Senggol Turkiye" itu didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Festival ini merupakan yang perdana dilakukan selama satu hari di Halic Congress Center, Istanbul, pada Ahad (5/6/2022). PPI Dunia dan Rumah BUMN turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Baca Juga

Acara ini bermula dari diskusi para diaspora, pelajar dan KJRI Istanbul tentang perlunya wadah atau marketplace bagi komunitas ekonomi diaspora Indonesia. Hal ini tidak lain untuk dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya ke masyarakat luas di Turki. 

"Diharapkan acara ini menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahunnya," kata Konjen RI Istanbul, Imam As’ari dalam siaran persnya, Senin (6/6/2022).

Festival Pasar Senggol dimeriahkan oleh puluhan diaspora penggiat usaha kuliner Indonesia di Istanbul dan sekitarnya. Sejumlah wirausahawan diaspora lainnya dan beberapa UMKM Indonesia juga memamerkan berbagai produk Indonesia.

Produk yang dipamerkan mulai dari produk kerajinan, perhiasan, pakaian, makanan hingga jasa spa dan lainnya. Pameran dagang di Pasar Senggol juga diramaikan oleh keikutsertaan 14 UMKM Indonesia binaan enam BUMN terkemuka Indonesia, seperti BRI, Telkom Indonesia, PLN, BNI, Pertamina dan Bank Mandiri, yang tergabung dalam wadah Rumah BUMN. 

Para UMKM tersebut membawa beragam produk andalan Indonesia, seperti produk handicraft, home décor, fashion, komoditas kopi, teh, madu dan produk makanan jadi. Lebih lanjut, mengusung visi ‘The First Asian Market in Türkiye’, Festival Pasar Senggol diperkuat dengan partisipasi komunitas diaspora dari Filipina, Thailand dan Malaysia serta warga dan pebisnis setempat.

Tak hanya pameran produk kuliner, barang dan jasa, Festival Pasar Senggol dimeriahkan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, business talks dan fashion show yang ditampilkan oleh para diaspora dan pelajar Indonesia, sanggar tari dan kampus mode dari Indonesia, serta penampilan friends of Indonesia. Panggung Pasar Senggol juga diisi dengan gala show pembukaan yang dihadiri juga oleh para Konsul Jenderal dari negara-negara Asia Pasifik dan dignitaries setempat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement