Kamis 09 Jun 2022 09:07 WIB

KA Al-Mashaer Kembali Layani Jamaah Haji

Uji coba KA Al Mashaer di tempat-tempat suci telah dimulai.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
KA Al Mashaer, Makkah.
Foto: Wikipedia
KA Al Mashaer, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Uji coba KA Al Mashaer di tempat-tempat suci telah dimulai. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan menerima dan mengangkut jamaah haji 1443 H/2022 M.

Akun resmi Twitter milik Al-Ekhbariya mengunggah sebuah video yang menunjukkan percobaan operasional metro tersebut. Nantinya alat transportasi ini akan mengangkut para peziarah, menjelang musim haji yang semakin dekat.

Baca Juga

Patut dicatat, karena penyebaran pandemi Covid-19 secara global selama dua tahun terakhir, kereta api di Tempat Suci mengalami pemberhentian operasi selama dua musim haji terakhi. 

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (9/6/2022), di musim haji tersebut Kerajaan hanya membatasi untuk jamaah domestik, yang terdiri dari warga dan penduduk Saudi.

Di tengah persiapan Kerajaan untuk haji 2022, beberapa jamaah dari berbagai negara sudah mulai berdatangan minggu ini. Gelombang pertama musim haji tahun ini tiba pada Sabtu (4/6/2022) melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammed Bin Abdulaziz di Madinah, dari Indonesia.

Kedatangan berikutnya sebanyak 955 jamaah haji berasal dari Indonesia dan Bangladesh. Mereka mendarat melalui Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah dan Bandara Internasional Pangeran Mohammed Bin Abdulaziz di Madinah.

Perlu disebutkan gelombang pertama peziarah yang mendapat manfaat dari "Inisiatif Rute Makkah" dari Pakistan juga tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammed Bin Abdulaziz di Madinah, Rabu (8/6/2022). Mereka berangkat dari terminal inisiatif di Bandara Internasional Islamabad.

Inisiatif Rute Makkah ini merupakan kelanjutan dari program yang telah berjalan sebelumnya di lima negara, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, Indonesia dan Maroko. Ini merupakan salah satu inisiatif dari Program Pengalaman Ziarah, yang berada di bawah Visi Kerajaan 2030. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement