Kemenag Kalsel Gelar Manasik Haji Massal

Kamis , 09 Jun 2022, 16:20 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Sejumlah calon jamaah haji melakukan proses tawaf saat manasik haji. Kemenag Kalsel Gelar Manasik Haji Massal
Sejumlah calon jamaah haji melakukan proses tawaf saat manasik haji. Kemenag Kalsel Gelar Manasik Haji Massal

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan menyelenggarakan manasik haji massal menjelang keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji provinsi tersebut pada 12 Juni 2022, Kamis (9/6/2022).

 

Terkait

Manasik haji massal yang diselenggarakan di Gedung Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dibimbing Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Al Quran Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, KH Muhammad Wildan Salman.

Baca Juga

Kegiatan itu dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel Muhammad Tambrin. Hadir ratusan calon jamaah haji Kalsel tahun 2022/1443 Hijriyah dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Calon jamaah haji dari kabupaten lainnya mengikuti secara virtual.

KH Wildan Salman menyampaikan secara rinci kegiatan haji dari berniat haji, baik waktu dan tempatnya, juga apa saja hal yang wajib dilaksanakan dan haram dikerjakan saat berada di Tanah Suci.

Intinya Guru Wildan, panggilan akrab ulama karismatik di Kalsel ini, berpesan kepada semua jamaah agar mengikuti dan mengerjakan semua yang sudah dipelajari tentang ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur atau diterima Allah SWT. Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku dapat merasakan bagaimana hati dan perasaan jamaah saat ini karena akhirnya bisa berangkat haji.

Menurut dia, pandemi Covid-19 menyebabkan keberangkatan haji tertunda selama dua tahun hingga akhirnya pada 2022 Arab Saudi membuka kembali pelaksanaan ibadah haji. Dengan penantian yang begitu panjang untuk berangkat ibadah haji di provinsi ini, tentunya kesempatan bisa berangkat haji ini jadi nikmat, perasaan senang dan penuh syukur.

"Sebab, daerah kita ini daerah religi, masyarakat kita dalam bekerja itu keinginan besarnya jangan dimatikan sebelum bisa berangkat haji," ujarnya.

Dia meminta jamaah yang berangkat tahun ini agar menyucikan hati, niat yang ikhlas, berbuat baik, demikian juga saat di Tanah Suci Makkah dan Madinah, sehingga dapat kelancaran menunaikan ibadah di sana hingga pulang lagi ke Tanah Air.

"Selamat menunaikan haji, semoga diberikan haji yang mabrur, sehat walafiat hingga kembali lagi ke Tanah Air," ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin menyampaikan kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin mulai masuk asrama haji pada 11 Juni 2022, dan diberangkatkan pada 12 Juni 2022 ke Madinah. Kloter pertama dari 7 Kloter yang akan diberangkatkan dari Bandara Syamsuddin Noor, yakni, 5 Kloter dari Kalsel dan 2 Kloter dari Kalteng tersebut sebanyak 360 orang.

"Kloter 1 adalah jamaah calon haji dari Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar," ujarnya.

Kuota Haji Kalsel pada 2022 sebanyak 1.743 orang. Menurut dia, kegiatan hari ini untuk memantapkan persiapan keberangkatan jamaah calon haji. Sebelumnya, jamaah calon haji sudah mengikuti manasik haji sebanyak enam kali pertemuan, yakni 4 kali di KUA dan 2 kali di tingkat kabupaten/kota.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini