Ahad 12 Jun 2022 18:34 WIB

Rusia Hancurkan Gudang Senjata AS dan Eropa di Ukraina

Rusia melepas tembakan rudal jelajah untuk menghancurkan gudang senjata besar AS

Rep: Lintar Satria/ Red: Gita Amanda
 Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina, (ilustrasi).
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kantor berita Interfax melaporkan pasukan Rusia melepas tembakan rudal jelajah untuk menghancurkan gudang senjata besar Amerika Serikat (AS) dan Eropa di wilayah Ternopil. Interfax mengutip Kementerian Pertahanan Rusia, Ahad (12/6/2022).

Pasukan Rusia juga menembak jatuh pesawat tempur SU-25 Ukraina dekat Donetsk dan Kharkiv di Ukraina timur. Hal ini juga berasal dari kutipan Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca Juga

Sebelumnya dilaporkan serangan roket menghantam Kota Chorkiv yang terletak di sebelah barat Ibukota Kiev, Ukraina. Gubernur Ternopil Volodymyr Trus mengatakan serangan itu merusak sebagian fasilitas militer dan melukai 22 orang.

Trush mengatakan empat rudal menghantam kota tersebut pada Sabtu (11/6/2022) pukul 18.46 waktu setempat. Rudal jatuh sekitar 75 kilometer selatan Ternopil. "Semua rudal berasal dari Laut Hitam. Sebuah fasilitas militer dan fasilitas sipil hancur sebagian. Tidak ada korban jiwa tapi kami memiliki korban luka, 22 orang sudah dirawat di rumah sakit," kata Trush, seperti dikutip dari Reuters.

Ia mengatakan korban luka termasuk seorang anak yang baru berusia 12 tahun. Trush menambahkan serangan juga merusak empat gedung apartemen.

Sementara itu perkembangan terbaru menunjukkan perang semakin mengganas di Kota Sievierodonetsk. Tapi Ukraina masih menguasai daerah industri dan pabrik kimia di timur kota itu. Gubernur daerah itu mengatakan terdapat ratusan warga sipil berlindung dari gempuran tembakan Rusia di pabrik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement