Senin 13 Jun 2022 03:29 WIB

BMKG Balikpapan Kembali Deteksi Sembilan Titik Panas

Sebelumnya mereka mendeteksi 11 hot spot pada tiga kabupaten.

Ilustrasi titik panas kebakaran lahan (ilustrasi).
Foto: ANTARA
Ilustrasi titik panas kebakaran lahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIK PAPAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan kembali mendeteksi 9 titik panas (hot spot) pada Ahad (12/6/2022). Sehari sebelumnya, mereka mendeteksi 11 hot spot pada tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

"Sebanyak 9 hot spot tersebut terpantau hari Ahad mulai pukul 01.00 Wita hingga 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Iwan Munandar.

Baca Juga

Sebaran hot spot tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Provinsi Kaltim maupun kabupaten, guna memperoleh penanganan lebih lanjut. Adapun 9 hot spot tersebut tersebar pada tiga kabupaten di Kaltim, yakni sebanyak 7 hot spot terdeteksi di Kabupaten Berau, 1 hot spot di Kutai Kartanegara, dan 1 hot spot di Kabupaten Paser.

"Sebanyak 11 hot spot yang terdeteksi (Sabtu) kemarin, semuanya sudah padam berkat penanganan pihak terkait, sementara 9 hot spot yang terdeteksi hari ini berada pada lokasi yang berbeda," ujar Iwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement