Petugas Haji Dilarang Kenakan Seragam Saat Berada di Area Tawaf

Senin , 13 Jun 2022, 11:31 WIB Reporter :Achmad Syalabi Ichsan/ Redaktur : Muhammad Hafil
Petugas Haji Dilarang Kenakan Seragam Saat Berada di Area Tawaf. Foto:    Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyambut jamaah calon haji kloter pertama dari embarkasi Solo setibanya di Bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA). (ilustrasi)
Petugas Haji Dilarang Kenakan Seragam Saat Berada di Area Tawaf. Foto: Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyambut jamaah calon haji kloter pertama dari embarkasi Solo setibanya di Bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA). (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,MADINAH — Pemerintah Arab Saudi menerapkan aturan baru bagi jamaah dan petugas yang hendak umrah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Konjen Arab Saudi di Jeddah Eko Hartono menjelaskan, pihak Saudi melarang semua jamaah untuk membawa identitas diri termasuk seragam. 

 

Terkait

Baca Juga

“Tidak boleh lagi seorang jamaah apalagi berkelompok kemudian membawa identitas diri apakah itu seragam, itu dilarang,”ujar Eko kepada Tim MCH di Makkah, Ahad (12/6/2022), WAS. 

Menurut Eko, Saudi juga melarang semua jamaah untuk mengambil foto dengan cara berkelompok. Terlebih, ujar dia, ada spanduk yang dibentangkan sebagai objek foto tambahan bagi jamaah. “Kalau selfie masih boleh,”tutur dia. 

Wakil Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Slamet Budiono menjelaskan, aturan tersebut berimbas pada petugas yang harus bekerja di pos jaga area tawaf. Menurut dia, pihak Saudi melarang semua jamaah yang berpakaian selain petugas untuk masuk ke lantai dasar sekitaran Ka’bah, termasuk petugas.

Karena itu, Slamet menjelaskan, pihaknya  akan menempatkan petugas berpakaian ihram di pos tersebut. Mereka akan mengenakan kain khusus bertanda petugas sehingga bisa dikenali jamaah.

“Itu satu-satunya, kalau lantai dua, lantai tiga, lantai empat kita masih bisa menggunakan pakaian seragam petugas,”jelas dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini